Berjalan di Bawah Laut Nusa Lembongan

2

“Underwater men will walk, will ride, will sleep, will talk. ” – Mother Shipton

Nusa Lembongan, Bali. Mungkinkah kita berjalan di bawah laut seperti Spongebob dan Patrick? Jawabannya adalah mungkin. Di Nusa Lembongan, Bali, terdapat paket wisata yang bernama sea walking/marine walk.  Dengan peralatan yang sederhana dan dikawal beberapa pemandu dan penyelam profesional, kita dapat menyaksikan keindahan bawah laut dengan cara BERJALAN KAKI di bawah laut!

Waktu itu, kebetulan kami mendapatkan gratisan dari seorang teman untuk menunaikan ibadah wisata ini (eaaa…). Bagaimana tidak menolak kalau diberi gratisan seperti ini? Apalagi sudah sejak lama kepengen banget jalan-jalan ke Nusa Lembongan.

Nusa Lembongan adalah sebuah pulau di bagian tenggara Pulau Bali. Kalau kita lihat peta Bali, tampak tiga pulau di bagian tenggara Pulau Bali, yaitu Nusa Penida (terbesar), Nusa Lembongan, dan Nusa Ceningan yang paling kecil. Dari peta tersebut tampak juga bahwa Nusa Lembongan ini pulau yang terdekat dengan Pulau Bali.

Kami menggunakan jasa wisata Bali Marine Walk (www.bali-marinewalk.com, psstt… Sepertinya harga untuk turis lokal jauh lebih murah dari yang tercantum di website deh, soalnya dulu harga yang dikasih tahu hampir setengahnya dari yang tercantum di website. Tapi tidak tahu juga ya, namanya juga gratisan hehehe). Berangkat dari Pelabuhan Pantai Sanur, Bali, kami diantar dengan menggunakan kapal cepat/speedboat menuju sebuah pulau kecil bernama Nusa Lembongan. Kebetulan kami berangkat bersama grup Jepang. Jadi, satu speedboat berisi para wisatawan Jepang dan seorang pemandu lokal yang sangat fasih berbahasa Jepang. Namun demikian, pemandu tersebut juga sangat ramah kepada kami yang turis lokal ini lho. Bahkan kami sering bercanda juga dengan beliau meskipun baru saja kenal. Keramahan ini lah yang selalu membuat saya ingin kembali ke Bali, selain obyek wisatanya yang indah tentu saja hehehe…

Baca juga:  Padang Bai Menyimpan Dua Pantai yang Indah

1. Sea Walking di Nusa Lembongan

Ini menu utama paket ini. Pertama kita diarahin oleh pemandu bagaimana nanti prosedur di bawah laut. Kita diberi kode-kode jari untuk memberi tahu para penyelam di bawah laut sana mengenai kondisi kita. Kemudian kepala kita akan diberi semacam helm astronot sebagai pemberat di bawah laut yang memungkinkan kita untuk tetap bisa bernafas dan berjalan di bawah laut. Setelah turun dari tangga, sampailah kita di dasar laut. Tidak perlu bisa menyelam atau berenang untuk melakukan sea walking ini karena memang tidak perlu kemampuan khusus.

Bali Marine Walk
Bali Marine Walk: Menjadi astronot bawah laut bersama para alien… Eh, maksudnya bersama ratusan Ikan Sergeantfish

Dengan mengenakan “helm astronot” dan membawa botol yang berisi makanan ikan, kita berjalan di bawah laut. Seketika, kita akan dikerubungi ikan-ikan kelaparan yang besar, gemuk, dan banyak sekali jumlahnya, mulai dari ikan Wrasse, Parrotfish, Sergeantfish (kami menyebutnya ikan sejuta umat karena di mana saja ada ikan ini, mulai dari Lombok, Kepulauan Seribu, Karimunjawa, bahkan sampai Phuket), sampai ikan Nemo ada di sini.

Sea Walking Nusa Lembongan
Sea walking bersama ikan-ikan gendut di Nusa Lembongan, Bali

Para penyelam akan memberi instruksi kepada kita untuk melakukan sesuatu di dalam laut sesuai dengan arahan yang diberikan guide di awal tadi. Kemudian, mereka akan memotret kita di bawah laut bersama gerombolan ikan tersebut. Setelah kembali ke daratan, kita disuruh memilih foto-foto mana saja yang ingin dicetak (dan saya tentu saja meminta softcopy fotonya hahaha… Hare geneh geto loh…)

2. Snorkeling di Nusa Lembongan

Sembari menunggu giliran sea walking, kita dapat bersnorkeling melihat keindahan bawah laut Nusa Lembongan. Peralatan  snorkeling, pelampung, dan juga handuk tidak perlu menyewa lagi karena sudah disediakan oleh pengelola tour. Kualitas alat snorkelingnya masih bagus pula. Terumbu karang dan ikannya sih sama saja dengan yang kita lihat saat sea walking, ya… karena memang lokasinya sama hehehe… Yah… daripada manyun nunggu giliran kan mending basah-basahan…

Baca juga:  Jalan-jalan ke Kota Solo/Surakarta
Underwater Nusa Lembongan
Snorkeling untuk melihat underwater di Nusa Lembongan

3. Banana Boat di Nusa Lembongan

Banana Boat adalah aktivitas seru selanjutnya dari trip ke Nusa Lembongan ini. Dengan speadboat yang agak kecil, banana boat ditarik membawa kita berputar-putar di sekitar Nusa Lembongan. Sehingga kita dapat menyaksikan keindahan pulau ini dari kejauhan. Banana boat ini juga masih satu paket wisata, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra lagi.

4. Canoeing di Nusa Lembongan

Setelah selesai aktivitas sea walking,  snorkeling, dan banana boat, pengunjung akan di ajak ke daratan Pulau Nusa Lembongan untuk istirahat dan makan siang (prasmanan). Kemudian, pengunjung diberi kebebasan untuk bermain di pantai, bermain kano, atau bersepeda keliling pulau yang tentu saja semuanya gratis karena sudah satu paket.

5. Bersepeda di Nusa Lembongan

Ada banyak pilihan sepeda yang dapat kita gunakan. Yang lebih menyenangkan lagi, kita dipandu dan ditemani oleh seoorang  guide untuk bersepeda keliling pulau. Selain mengarahkan jalur yang enak dilalui, guide ini berguna lho buat dimintai tolong untuk mengambil foto-foto narsis kita hahaha…. Ada beberapa spot menarik di Pulau Lembongan yang dapat kita telusuri, seperti pantai pasir putih, pura, dan lain sebagainya.

Nusa Lembongan
Bersepeda menyusuri pantai di Nusa Lembongan

Halaman berikutnya, jadwal kapal, PIC, dan cara menuju Nusa Lembongan

1
2
SHARE

2 COMMENTS

  1. Wah menarik banget sea walk nya. Tapi pas liat harga di situsnya…aaahhh impossible. Kecuali kalo memang benar untuk wisatawan lokal bisa setengah harga, pasti langsung daftar! 😀
    Baru aja kirim email buat tanya2 tentang sea walk ini. Semoga terwujud wisata ke Nusa Lembogan! 😀

LEAVE A REPLY