Amed, Surga Bawah Laut di Timur Bali

7

“It isn’t a matter of black is beautiful as much as it is white is not all that’s beautiful.” – Bill Cosby

Pantai Amed, Bali. Pantai Amed adalah salah satu surga bagi para penggemar snorkeling di Bali. Awalnya saya agak ragu jalan-jalan ke Pantai Amed karena berpikir “Emang bagus gitu underwater pantai yang berpasir hitam? Bukankah biasanya tempat snorkeling berada di dekat pantai berpasir putih ya?”. Karena iming-iming pura di bawah laut dan pecahan kapal karam (shipwreck) yang berubah jadi terumbu karang, sayapun tertarik menjadi backpacker ke Amed bersama teman-teman saya. Akhirnya, saya pun jatuh cinta pada Amed… Ehmm… maksud saya Pantai Amed!

Underwater Amed

Underwater Pantai Amed jauh dari yang saya bayangkan sebelumnya. Ternyata, terumbu karang di Amed sangat indah dan kaya akan berbagai macam jenis ikan yang sangat banyak jumlahnya pula. Hanya dengan snorkeling saja kita bisa berenang bersama ratusan bahkan mungkin ribuan schooling fish di pantai ini. Saya tidak begitu tahu jenis rombongan arisan ikan ini. Pokoknya, jenis ikannya mirip dengan ikan yang biasa kita makan, mungkin tenggiri, tongkol, cakalang, atau mungkin juga jenis ikan lain. Beberapa spesies ikan lain pun juga ada, seperti butterfly fish, pipe fish, angel fish, boxfish, dan berbagai macam ikan penghuni terumbu karang lainnya.

Underwater Amed
Cukup snorkeling di permukaan saja kita sudah bisa berenang bersama ratusan (ribuan?) ikan di Amed

Kami tak perlu menyewa kapal untuk menuju ke spot snorkeling di Amed. Cukup berenang saja dari bibir pantai menuju ke area terumbu karang. Lumayan menghemat biaya karena tidak perlu menyewa kapal lagi kan? Untuk peralatan snorkeling banyak tersedia di sepanjang Pantai Amed yang sangat panjang.

Yup… Pantai Amed memang sangat panjang sehingga kami perlu menggunakan mobil untuk menuju dari satu spot snorkeling ke spot snorkeling lainnya. Di Desa Jemeluk, Amed, jalanan sedikit menanjak ke perbukitan sehingga tampak keindahan Amed dengan pemandangan terumbu karang dari atas dan Gunung Agung  di belakang pantai ini.

Baca juga:  Empat Kali ke Goa Gong dan Masih Takjub
Amed Bali
Teluk Jemeluk dilihat dari atas, tampak Pantai Amed dengan terumbu karang dibawahnya dan Gunung AGung sebagai latar belakangnya

Sunrise di Pantai Amed

Berlokasi di bagian timur Pulau Bali membuat Amed menjadi tempat yang pas untuk berburu sunrise. Matahari terbit di Pantai Amed tak kalah cantiknya dengan keindahan bawah laut Pantai Amed. Kita cukup meluangkan waktu sejenak di pagi hari untuk menyaksikan sunrise di pantai ini.

Amed
Sunrise di Amed. Walaupun cukup menggelinding beberapa meter saja dari hotel, perjuangan bangun paginya itu yang sangat berat

Halaman berikutnya, pura bawah laut dan Japanese ship wreck di Amed

1
2
3
SHARE

7 COMMENTS

LEAVE A REPLY