Pantai Tangsi, Pink Beach-nya Pulau Lombok

16
Pantai Pink Tangsi Lombok
Pantai Pink Tangsi Lombok

 

“Pink isn’t just a color, it’s an attitude!” – Miley Cyrus

Lombok, Nusa Tenggara Barat. Awalnya saya mengira pink beach/red beach itu cuma ada di Pulau Komodo. Ternyata, di Pulau Lombok pun juga terdapat pink beach. Sesuai dengan namanya, pink beach memiliki pasir yang berwarna merah muda alias pink. Makin penasaran lagi, saya pun googling tentang pantai merah muda ini. Ternyata, ada beberapa pink beach juga di belahan dunia lain sana lho. Paling tidak kita bisa berbangga bahwa Indonesia pun punya koleksi pantai unik berpasir pink ini. Lebih dari satu pula.

Pink beach di Lombok terdapat di suatu pantai yang bernama Pantai Tangsi. Lokasi pantai ini berada di Kabupaten Lombok Timur, atau lebih tepatnya di ujung tenggara Pulau Lombok. Warna pasirnya memang tampak merah muda atau pink. Hal ini disebabkan pasir putih di pantai ini bercampur dengan pasir merah hasil pecahan karang merah, sehingga memancarkan warna kemerah-merahan di pantai.

Pink beach
Pasir pink Pantai Tangsi

Snorkeling di Pantai Tangsi

Melihat kondisi laut yang tenang dan tampak mempunyai terumbu karang, saya pun snorkeling di Pantai Tangsi untuk mengetahui seperti apa sih dunia underwater Pantai Tangsi. Dari bibir pantai, saya langsung saja nyebur dengan peralatan snorkeling yang saya bawa sendiri (sepertinya sih tidak ada persewaan alat snorkeling di Pantai Tangsi ini).

Underwater Pantai Tangsi
Ikan Moorish Idol di Pantai Tangsi

Kondisi terumbu karangnya standar saja. Bagus banget juga tidak, jelek banget juga tidak. Ada hard coral, ada juga soft coral. Jenis dan jumlah ikannya pun juga tidak terlalu banyak. Saya hanya menemukan bintang laut merah dan beberapa jenis ikan, seperti ikan Moorish Idol, Butterfly fish, dan jenis ikan lainnya. Saya kurang begitu tahu apakah memang terumbu karang di sini tergolong biasa saja, atau memang saya tidak tahu spot snorkeling yang paling bagus di Pantai Tangsi. Tak ada rotan, akar pun jadi; tak ada ikan, swimming-swimming pun jadi lah ya… Seger….

Baca juga:  You're Good for Me, Pantai Cemara

Lokasi Pantai Tangsi/Pink Beach Lombok

Pantai Tangsi terletak di sekitar titik koordinat -8.859521, 116.580351.

Peta Pantai Tangsi Pink Beach Lombok
Peta Pantai Tangsi/Pink Beach, Lombok

Cara Menuju Pantai Tangsi

Pertama kali, saya agak ragu untuk jalan-jalan ke Pantai Tangsi karena menurut kabar yang saya dapat dari internet, jalan menuju ke pantai ini sangat hancur dan susah dilewati mobil. Teman yang di Lombok pun juga enggan saya ajak ke pantai ini karena kondisi jalanan yang rusak tersebut. Katanya, kalaupun menggunakan mobil harus mobil yang 4WD. Kabar lain juga menyebutkan bahwa sebaiknya kita menggunakan sepeda motor untuk menuju pantai ini.

Tangsi
Jalanan menuju Pantai Tangsi yang hancur dan melewati hutan/perkebunan

Akhirnya kami memutuskan menggunakan sepeda motor untuk menuju pantai ini. Dengan motor sewaan dari hotel tempat kami menginap di Kuta Lombok (tanpa helm dan STNK karena kata pihak hotel di sana sudah biasa seperti itu… safety mbak.. safety… bukan masalah biasa gak biasa), kami pun melaju dengan kecepatan yang sangat…. lambat… hehehe… Ada 2 faktor yang mempengaruhi kelambatan ini, pertama karena kondisi jalan yang hancur, kedua karena saya memang pengendara sepeda motor yang lambat hahaha… Karena sudah tahu bahwa jalanan rusak, kita pun siap lahir batin untuk menerjangnya. Ternyata kalau kita jalani dengan enjoy, perjalanannya tidak begitu berat-berat amat kok. Pegel sih iya…

Ada beberapa pengunjung di Pantai Tangsi yang menggunakan mobil yang bukan 4WD. Bisa sih mobil tersebut menuju ke pantainya, akan tetapi agak terseok-seok waktu kembali ke jalan utama karena kondisi jalan dari arah pantai yang sempit, menanjak, dan berpasir. Yang bikin mata terbelalak dan mulut menganga adalah satu rombongan pengunjung yang menggunakan TRUK!!! How come? Bukan truk setan kan? Di saat mobil-mobil lain bersusah payah menuju dan balik dari pantai, truk ini justru lancar-lancar saja lho menuju dan balik dari pantainya. FANTASTIS!!!

Baca juga:  Cave Tubing di Gua Pindul

Halaman berikutnya, rute ke Pantai Tangsi/Pink Beach Lombok

1
2
SHARE

16 COMMENTS

  1. Ngeces baca artikel ini…. hiks….
    Sebelum berangkat ke Lombok sempat baca panduan ini, asli jelas banget detil petunjuk jalannya.
    Namun kenyataannya pas hari-H saya parno sendiri berangkat ke pantai Tangsi gara2 cuaca buruk. Semoga next trip bisa menginjakkan kaki ke Tangsi πŸ™‚

    • @Halim Santoso
      Yah… sayang bgt ya pdhl pantainya bagus… tapi betul juga sih kalo cuaca buruk mending dipikir ulang krn gw jg gak bisa bayangin tuh jalananya yg ancur… Semoga next time bisa kesana ya πŸ™‚

  2. klo misal nya saya dr bandung enak nya gmana ya mas brangkat nya ? pengen banget ksana hahahaha

    • @Gemilang Indonesia
      Hai, mungkin bisa milih alternatif seperti ini:
      – Bandung – Surabaya – Lombok
      – Bandung – Bali – Lombok
      – Jakarta – Lombok
      So, tinggal pilih saja πŸ™‚

  3. Jd ngilerrrr….mau dunk!
    Tp kalu sndirian mikir jg. Mmm, ada yg mo bareng n patungan gk. skalian ngirit mksudnya, hehe..,

    • Pengen kesana sekitar bilan Juli gitu moga bulan Juli ngak hujan, tapi aku juga sendirian dari Kupang. Bisa bareng ngak?

  4. Share info kalo mw menyebrang ke sebrang pulau kecil di pantai tangsi itu mereka sbut gili petelu.
    Siang itu saya di tawarin untuk menyebarang okelah saya ingin menginjakkan kaki di gili petelu sana dengan menggunakan kapal nelayan lombok i love you. Ini yang bikin saya merindukan jika destination kita kita sangat disambut baik dngan wrga skitar. Tgl 5juni saya ke pantai tangsi ini saya diajak masuk ke goa jepangnya dengan sangat baeknya mereka menawari untuk menyusuri goa itu. Stlah menjelng malam saya backpaker ke lombok cmn bermodal duit , motor yng saya kendarai dari malang (jawa timur) dan tenda . Tenda itu buat saya tidur stiap malam di stiap wisata yng saya kunjungi. Bgtu baeknya mereka malam mulai dtng dan merka senantiasa menemani dan menjaga sampai matahari terbit. Ya smbri sdkit2 bs ngbrol bahasa sasak walaupun kebngungan juga ngedengerinnya. Akhrnya pagi menjelang wktunya saya melnjutkan perjlanan. Suasana pantai pink sangat terlht pasirnya trrlht pink ketika pagi hari skitar pkul 6wita dengan di suguhkan keindahan rinjani pula. Dan msih smpet diajak muter2 keliling gili petelu (sudah mbak ayo muter2 gratis deh?? Gak enak jg lha akhrnya gw pegangin tuh pak udin(087763052145) selaku pemilik kapal lombok I LOVE YOU , jangan lupa di samperin ya klo ksna orngnya baekk banget.). Ketika mau pulang oh rasanya berat sekali meningglkn pantai ini. Karena bgtu ramah tamahnya mereka. New destination new family . I love it

LEAVE A REPLY