Berburu Sate Buntel di Solo

0

“Only in art will the lion lie down with the lamb, and the rose grow without thorn.” – Martin Amis

Sate buntel merupakan makanan khas Kota Solo/Surakarta. Sate buntel terbuat dari daging kambing cincang yang dibungkus dengan lemak kambing kemudian dibakar. Makanan ini merupakan salah satu wisata kuliner terkenal di Kota Solo. Apa sih yang membedakan sate ini dengan sate-sate “mainstream” lainnya?

Berbeda dengan sate lain yang dipotong kotak-kotak kemudian ditusuk dengan bambu, sate buntel ini disajikan dalam bentuk “onggokan” mirip steak daging berbalut lemak kambing. Berbeda dengan sate lain yang alot, sate ini teksturnya sangat empuk karena terbuat dari daging giling.

Sate Buntel
Penyajian sate buntel yang berbeda dengan sate-sate pada umumnya

Sate Buntel Tambak Segaran

Ini adalah rumah makan sate buntel yang banyak direkomendasikan para pecinta kuliner bagi Anda yang ingin mencicipi sate buntel. Nama rumah makannya adalah Sate Buntel Tambak Segaran. Peribahasa “Don’t judge a book by its cover” sangat cocok dilabelkan ke warung ini. Penampakan warungnya sangat sederhana. Pedagangnya pun mbak-mbak yang masih muda. Tapi jangan ragukan rasa masakannya… Lezat banget euy…

Sate buntel dihidangkan dengan menggunakan kuah yang khas, berbeda dengan sate biasanya yang dihidangkan dengan kecap atau bumbu kacang.Inilah yang membuat rasa sate buntel Tambak Segaran ini sangat nikmat.

Harga satu porsi sate buntel di Tambak Segaran adalah Rp34.000. Harga yang “gak Solo banget” sebenarnya karena harga makanan lain di Solo terkenal sangat murah. Kalau dibilang sebanding atau tidak, saya bakal bilang tidak sebanding! Harusnya dihargai lebih mahal dari ini hahaha… Teman saya sampai bilang seperti ini “Ulang tahun saya berikutnya akan saya traktir di sini!!!”

Baca juga:  Patung Buddha Tidur di Mahavihara Mojopahit

Lokasi Restoran Sate Buntel Tambak Segaran adalah di Jl. Sutan Syahrir No. 149, Surakarta/Solo, Jawa Tengah (Nomor Telepon: 0271-7025006/085725006449). Letak rumah makan ini adalah ke arah barat sedikit dari Widuran dan sebelah timur Pasar Legi.

Menu yang disajikan warung ini antara lain: Sate Buntel, Sate Buntel Campur, Sate Buntel Daging/Ati, Tongseng Daging Giling, Gule Sum-sum, Gule kaki, Tengkleng, Nasi Goreng Kambing, dan masakan lainnya.

Sate Buntel H. Kasdi

Lokasi restoran Sate Buntel H. Kasdi ini sangat strategis, yaitu persis di depan (agak ke kiri sedikit) Stasiun Balapan Solo (Jl. Monginsidi, Solo). Bagi yang agak kerepotan dengan lokasi Sate Buntel Tambak Segaran dapat mencoba sate buntel di warung ini.

Sate buntel H. Kasdi Solo
Sate buntel H. Kasdi Solo

Berbeda dengan sate buntel Tambak segaran yang kelihatan “buntel”-nya, lemak yang membungkus sate buntel di warung sate H. Kasdi ini tampak menyatu dengan satenya sendiri. Sate buntel H. Kasdi juga menggunakan bumbu kecap seperti sate-sate pada umumnya. Sehingga rasanya hampir sama dengan sate-sate kambing pada umumnya, hanya tekstur satenya saja yang lembut karena terbuat dari daging giling. Harga satu porsi sate buntel di warung H.Kasdi adalah Rp. 15.000. Oh ya, kalo mau jalan-jalan ke Solo bisa minta tolong guide Mbak Ninik (Telp/WA 085647189024) buat anterin kamu kemana-mana.

Siapkah Anda memanjakan satu-satunya perut Anda?

LEAVE A REPLY