Nikmatnya Susu Segar Boyolali

Nikmatnya Susu Segar Boyolali

Susu Segar Boyolali

I asked the waiter, ‘Is this milk fresh?’ He said, ‘Lady, three hours ago it was grass.’ – Phyllis Diller

Kita mungkin sudah mengenal beberapa kuliner khas Kota Solo, seperti serabi, timlo, tengkleng, gudeg ceker, dan lain sebagainya. Selain mudah didapat di Solo/Surakarta, sekarang makanan-makanan tersebut juga dapat ditemui di beberapa kota besar lainnya di Indonesia. Namun demikian, ada satu kuliner khas Solo yang susah saya temui di kota lain, yaitu susu segar Boyolali.

Dulu, sewaktu tinggal di Kota Solo, saya sering mengunjungi warung-warung yang menjual susu segar Boyolali. Setelah pindah ke beberapa kota seperti Jakarta, Balikpapan, bahkan kota terdekat Solo yaitu Jogja, saya jarang menjumpai warung-warung ini lagi. (di Jogja baru menemui satu warung susu segar dengan nama Kalimilk)

Saya sempat berfikir apakah tidak ada orang yang mempunyai ide menjual susu segar di kota-kota tersebut? Apakah tidak banyak orang yang menyukai susu segar? Atau susahnya pasokan susu segar ke kota-kota tersebut?

Boyolali, sebuah wilayah suburban Kota Solo, hanya berjarak sekitar 1 jam perjalanan dari Kota Solo. Daerah ini memang terkenal dengan peternakan sapi perah dan sebagai pemasok susu segar. Dengan jarak yang sedemikian dekat dengan Kota Solo, sangat wajar jika di kota yang mempunyai julukan “The Spirit of Java” ini banyak terdapat warung susu segar khas Boyolali. Dengan demikian, susu yang disajikan memang benar-benar segar karena berasal dari susu yang baru saja beberapa jam diperah.

Ada beberapa pilihan rasa susu segar yang dijual di warung-warung di Kota Solo, misalnya rasa coklat, strawberry, jahe, STMJ (Susu Telur Madu Jahe), dan plain tanpa tambahan rasa lain. Sembari menikmati susu segar ini, di meja makan telah tersaji pula makanan ringan khas Solo lain yang dapat kita coba seperti nasi kucing (nasi bungkus mini dengan lauk seuprit), sate kikil, mendoan, sate babat, dan lain sebagainya.

Dimana kita bisa menemui warung susu segar Boyolali ini? Jawabanya adalah sangat banyak. Warung-warung ini biasanya buka pada malam hari di sepanjang pinggir jalan-jalan di Kota Solo seperti Jalan Slamet Riyadi, Kotabarat, Jalan Ir. Sutami, Jalan Veteran, Jalan Dr. Rajiman dan lain sebagainya.

Susu Segar Boyolali

Susu Segar Boyolali

Zaman SD mungkin masih ingat semboyan 4 sehat 5 sempurna, di mana yang kelima-nya adalah susu yang merupakan penyempurna menu makanan kita. Alternatif kuliner menyehatkan bukan karena susu merupakan minuman kaya gizi?

Di Solo, ada lelucon yang lumayan menggelitik karena Susu Segar Boyolali ini sering diplesetkan sebagai Original Milk Crocodile Forget (Boyo dalam Bahasa Jawa = Buaya, Lali dalam Bahasa jawa = Lupa).


2 COMMENTS

  1. saya senang membaca seputar ttg olahan produk dari susu segar.. tapi kayaknya kurang komplit deh.. variasinya.. dikumpliti dong.. syukur2 mau di emailkan ke saya.. matur tengkiu

Leave a Reply