Pulau Peucang, Setitik Keindahan di Ujung Pulau Jawa

0

“Nobody can bring you peace but yourself.” – Ralph Waldo Emerson

Peucang, Ujung Kulon, Banten. Dulu, sesaat sepulang dari Pulau Peucang Ujung Kulon, saya bilang ke teman saya untuk berfikir dua kali jika diajak kembali ke Pulau Peucang Ujung Kulon mengingat rute perjalanan yang berat. Sekarang, sepertinya saya kangen menikmati damainya Pulau Peucang yang indah ini.

Pulau Berpasir Putih yang Damai

Pulau Peucang memiliki pasir putih lembut. Langit biru, pasir putih, berpadu dengan gradasi warna biru air laut membuat pemandangan pantai di Pulau Peucang ini benar-benar menakjubkan. Paradise on earth!!! Apalagi ditambah dengan belum banyaknya pengunjung, membuat pulau ini terasa begitu damai. Cocok bagi siapa saja yang ingin melarikan diri dari kenyataan hehehe…

Peucang Ujung Kulon
Pasir Putih Pulau Peucang

Binatang Liar

Ada beberapa binatang liar yang hidup di dalam pulau ini, seperti misalnya rusa. Mamalia bertanduk unik ini tampak begitu jinak dan tidak takut dengan pengunjung. Biasanya rusa-rusa ini malah mejeng di dekat pantai.

Di dekat dermaga, kita bisa berenang atau snorkeling dengan rombongan ikan-ikan kecil yang jumlahnya sangat banyak. Tampak pula beberapa ikan Angel Fish meliuk-liuk bak peragawati. Namun untuk menikmati terumbu karang harus ke bagian lain dari pulau ini.

Ada satu lagi binatang yang tidak tampak, tapi jika kita menaruh barang sembarangan bisa-bisa hilang dalam waktu sekejap diambil olehnya. Binatang tersebut adalah mongki a.k.a monyetos! Waktu itu kami kira hanya terdapat rusa saja di pulau ini. Ternyata tiba-tiba sandal seorang teman saya hilang sewaktu ditaruh di dekat pantai. Tidak mungkin dong kami menuduh si rusa. Akhirnya sang tertuduh menampakkan mukanya yang mirip kera (ya iyalah namanya juga monyet). Namun tetap saja sandal teman saya tidak kembali.

Baca juga:  Pantai Siung yang Bersiung (Bertaring) Raawrr...
Peucang Ujung Kulon
Rusa yang hidup di dalam Pulau Peucang

Fasilitas di Pulau Peucang masih sangat minim. Di dekat pantai (dekat dermaga) hanya terdapat sebuah penginapan dengan jumlah kamar yang terbatas. Namun demikian, masih lumayan untuk kita dapat menginap atau sekedar membilas diri setelah bermain-main di pantai.

Ralph Waldo Emerson berkata “Nobody can bring you peace but yourself.”. Kedamaian bisa kita ciptakan sendiri di mana saja. Ada benarnya. Tapi tetap saja saya butuh tempat-tempat seperti Pulau Peucang ini untuk mencari kedamaian hihihi..

Gambar dan Foto Pulau Peucang dan Ujung Kulon

LEAVE A REPLY