Taman Lampion @ Taman Pelangi, Jogja

0

“Religion is a candle inside a multicolored lantern. Everyone looks through a particular color, but the candle is always there.” Mohammed Naguib

Jogja dengan tagline pariwisatanya “Never Ending Asia” memang benar-benar never ending atau tak ada habisnya untuk ditelusuri. Salah satu obyek wisata yang baru dibuka Desember 2011 lalu adalah Taman Pelangi. Namun demikian, masyarakat lebih mengenal taman ini dengan sebutan Taman Lampion. Benarkah taman ini banyak lampionnya?

Lokasi Taman Lampion/Taman Pelangi

Lokasi Taman Lampion atau Taman Pelangi berada di pelataran Monumen Jogja Kembali atau yang sering disebut sebagai Monjali. Pada siang hari, pengunjung dapat berwisata di Monumen Jogja Kembali, sedangkan malam harinya dapat menikmati keindahan warna-warni lampu lampion di area yang sama dengan nama yang berbeda, yaitu Taman Pelangi.

Taman Lampion/Taman Pelangi

Alamat: Monumen Jogja Kembali, Jl Ring Road Utara, Sleman, Jogja

Lampion dengan Berbagai Macam Bentuk

Untuk seterusnya kita akan menyebut Taman Pelangi ini sebagai Taman Lampion saja ya, karena adanya lampion bukan pelangi di Taman Pelangi ini hehehe… Ekspektasi awal saya terhadap taman lampion ini adalah taman yang berhiaskan lampion-lampion merah bulat yang biasa kita lihat di perayaan hari besar China. Ternyata salah besar.

Selain lampion-lampion ala China dengan bentuk bulat dan berwarna merah, taman ini juga dihiasi lampion dengan berbagai macam warna dan bentuk lainnya, seperti Hello Kitty, bunga, hati, binatang, dan lain-lain.

Taman Lampion Jogja
Lampion berbentuk Hello Kitty di Taman Lampion. Bukannya unyu kok malah serem ya…

Wahana Permainan dan Pemancingan

Selain menawarkan keindahan beraneka ragam lampu lampion, Taman Pelangi ini juga menyediakan berbagai macam atraksi dan wahana permainan, seperti trampolin, ATV, boom boom car, bola air, perahu dayung, dan lain sebagainya. Selain itu, juga terdapat arena pemancingan di dalam Taman Lampion ini. Untuk menikmati wahana permainan dan pemancingan, pengunjung harus merogoh kocek antara Rp10.000 sampai dengan 20.000.

Baca juga:  Pantai Srau, Pacitan. Mau?

Tempat Makan

Jika lelah, pengunjung dapat menikmati makanan khas Jawa dan menu-menu lainnya yang dijual oleh beberapa pedagang di dalam area Taman Lampion. Salah satu makanan yang saya suka adalah kue leker. Makanan ini mengingatkan masa kecil saya yang sering jajan kue leker atau “crepes ala Jawa” ini hehehe…

Jam Buka dan Tiket Masuk Taman Lampion

Pada hari biasa, taman lampion hanya buka mulai dari sore sampai malam. Siang harinya, kawasan ini digunakan sebagai tempat beroperasi Monumen Jogja Kembali.

Taman Lampion Monjali
Lampion berbentuk bunga dan binatang

Jam buka Taman Lampion atau Taman Pelangi:

Senin- Kamis: 17.00 – 22.00
Jumat – Minggu: 17.00 – 23.00
Khusus Hari Minggu, wahana permainan dibuka dari pagi

Tiket masuk taman lampion adalah Rp10.000 – 15.000

Gambar/Foto Taman Lampion atau Taman Pelangi Selengkapnya

LEAVE A REPLY