Museum Ullen Sentalu

0

“Visiting a museum is a matter of going from void to void.” – Robert Smithson

Kaliurang, Jogja. Museum Ullen Sentalu sempat menjadi ikon baru wisata di Jogja akhir-akhir ini. Museum yang dimiliki oleh perorangan ini menyimpan koleksi-koleksi kraton dan koleksi benda-benda kuno Jawa. Ada apa saja sih kok museum ini beken banget di internet?

Museum Ullen Sentalu berlokasi di Jl Boyong Kaliurang, Sleman Yogyakarta. Di lokasi pegunungan Kaliurang yang berhawa dingin, pengunjung dapat merasakan eksotisnya museum ini dengan suasana yang damai jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Museum yang Eksotis

Beruntung di zaman modern ini masih ada yang masih peduli dengan budaya bangsa sendiri. Paling tidak anak, cucu, sampai cicit yang cuitcuit masih dapat mengenali budaya asli mereka di Museum Ullen Sentalu yang mempunyai visi sebagai jendela peradaban seni dan budaya Jawa ini.

Ullen Sentalu
Patung-patung yang menghiasi eksterior Ullen Sentalu

Eksterior Museum Ullen Sentalu terkesan sangat eksotis. Dengan arsitektur yang khas dan dihiasi dengan berbagai macam pepohonan, hijau lumut, berpadu dengan patung-patung bergaya klasik, membuat museum ini benar-benar berkarakter.

Benda-benda Koleksi Keraton dan Jawa

Museum Ullen Sentalu menyimpan berbagai macam koleksi seperti lukisan, batik kuno, gamelan, bahkan sampai surat cinta putri raja yang masih ditulis tangan pun terdapat di museum ini. Selain itu, foto-foto masa lalu keluarga keraton masih tersimpan dengan baik di museum ini.

Sayangnya, pengunjung tidak boleh mengambil foto di area dalam Museum Ullen Sentalu. Pengunjung hanya diperbolehkan mengambil foto di luar museum saja. Wajar sih mengingat lorong-lorong di museum yang memajang koleksi ini lumayan sempit. Kalau ada satu rombongan saja foto-foto di dalam museum pasti sudah menghalangi jalan bagi pengunjung lainnya.

Baca juga:  Kami Tahu Daerah Petak Sembilan Justru dari Bule
Museum Ullen Sentalu
Ornamen-ornamen eksotis di Museum Ullen Sentalu

Tiket dan Jam Buka

Harga tiket adalah Rp25.000 sudah termasuk pemandu yang akan menjelaskan sejarah Museum Ullen Sentalu beserta isinya. Museum dibuka setiap Selasa sampai Minggu pada pukul 08.30 dan ditutup sore hari pada pukul 16.00 . Pada hari Senin, Museum Ullen Sentalu ditutup untuk pengunjung.

Gambar dan Foto Ullen Sentalu

LEAVE A REPLY