Baluran: Padang Rumput di Ujung Timur Pulau Jawa

3

Snorkeling di Pantai Bama

Sampailah kita di tempat terakhir wisata Baluran yaitu Pantai Bama. Pantai ini merupakan pantai berpasir putih dengan pohon bakau dipinggirnya. Pengelola kawasan ini telah menyediakan beberapa fasilitas wisata air, seperti kapal, kano, peralatan snorkeling, dan juga fasilitas kamar mandi. Ada warung yang jualan juga lho di sini.

Siang-siang mau snorkeling kok masih malas ya… Okelah kami tunggu agak sore buat snorkeling daripada kulit terbakar asmara… Oops… Maksudnya daripada terbakar matahari, mending ngadem dulu saja. Pas matahari sudah mulai dadah-dadah buat pulang di balik cakrawala sana, kamipun bermaksud menyewa peralatan snorkeling ke petugas di sini. Apa yang terjadi?

“Mas, kalau mau snorkeling pagi atau siang saja, kalau sore air laut surut jadi tidak bisa snorkeling. Kalau mau menggunakan kapalpun juga tidak bisa karena air laut sudah terlalu surut sehingga kapal sulit menuju ke laut.” Kata yang petugas yang nyewain alat snorkeling. “APAHHHH!!!” Gagal dong guwe snorkelingan.

Hmmm… Air laut memang cepat sekali surut sore itu. Tak patah semangat, saya pun berjalan ke laut hanya karena ingin melihat underwater Pantai Bama ini. Jauh sekali sampai hampir ke tengah lautan. Air lautnya dangkal sih hanya sedalam paha seksi saya (kok ya disebutin pula seksinya. Nda penting you know). Lah… kok… Underwater di sekitar Pantai Bama ini isinya rumput doang. Mana terumbu karangnya?

Saya tanya lagi dong ke petugasnya “Mas, spot snorkeling di Pantai Bama ini di mana sih”. Kemudian petugasnya menjawab “Ya di pinggir pantai itu Mas”. Itu mah terumbu rumput bukan terumbu karang masberowwww…. Namanya juga padang rumput Baluran bro… Rumputnya pun ikut menghiasi underwater-nya brooooh… šŸ˜€

Pantai Bama
Monyet-monyet yang mencari makan ketika air laut sedang surut di Pantai Bama, Baluran. Gak keliatan ya monyetnya? Klik gambarnya deh buat memperbesar

Setelah air laut benar-benar surut, para monyetos a.k.a mongki-mongki penghuni Baluran pun mulai berhamburan di laut untuk mencari makan. Tidak mendapat pemandangan terumbu karang, malah dapat pemandangan terumbu rumput dan terumbu mongki. Hmmm… Kalau saya pikir-pikir lagi, saya sudah terlalu sering melihat terumbu karang di mana-mana (sombong!). Tapi melihat monyet-monyet bertebaran di laut untuk mencari makan seperti ini… Sesuatu banggget gitu bro…

Gambar/Foto Lengkap Baluran

3 COMMENTS

  1. Mau tanya, itu akomodasi di Baluran nya bagaimana ya? Bisa di jangkau dengan jalan kaki atau harus sewa kendaraan. Dan bagaimana dengan penginapan nya? Mungkin ga ya kalo misalkan mengunjungi savanah nya tapi menginap di pantai Bama nya.

    Rencana nya libur lebaran ini pengen coba bertualang ke Baluran dari Bondowoso.

    Ma’kasih

    • @Dian
      Kalau jalan kaki sepertinya tidak mungkin ya karena areanya sangat luas. Kalau gak pake mobil mungin ya pake motor.
      Di Pantai Bama ada rumah2, tapi saya tidak begitu tahu apakah dapat disewa atau tidak. šŸ™‚

  2. I have noticed you don’t monetize puppytraveler.com, don’t waste your
    traffic, you can earn additional cash every month with new monetization method.

    This is the best adsense alternative for any type of website (they approve all sites), for more details
    simply search in gooogle: murgrabia’s tools

LEAVE A REPLY