Bersantai di Taman Putri Raja: Taman Balekambang, Solo.

8

“If you see me as just the princess then you misunderstand who I am and what I have been through.” – Mariah Carey

Kota Solo atau Surakarta memiliki taman kota yang indah yaitu Taman Balekambang. Selain rindang dengan pohon-pohon tua dengan ukuran raksasa dan kolam air eksotis, di taman ini juga terdapat tempat duduk etnik dan area yang luas untuk sekedar berisitirahat atau melakukan pesta kebun. Taman Balekambang juga memberi hiburan pengunjung dengan adanya hewan-hewan jinak yang dilepas bebas di dalam taman. Hmmm… berasa di luar negeri ya?

Sejarah

Taman Balekambang dibangun pada tahun 1921 oleh raja KGPAA Mangkunegara VII untuk para putri raja, GRAy Partini Husein Djayaningrat dan GRAy Partinah Sukanta. Sekarang, patung kedua putri raja tersebut dapat kita saksikan di dalam area taman dengan luas sekitar 9,8 hektar ini. Taman Balekambang ini dibagi menjadi dua, yaitu Partini Tuin dan Partinah Bosch.

Pada tahun ’70-an sampai ’80-an, di Taman Balekambang terdapat gedung yang digunakan sebagai panggung pertunjukan Srimulat yang pada saat itu sedang mengalami masa kejayaan. Bahkan, taman ini juga sempat menjadi lokasi mesum sebelum direvitalisasi seperti sekarang #ehm.

Partini Tuin atau Taman Air Partini

Di lokasi ini terdapat kolam resapan yang luas dan berfungsi sebagai tempat penampungan air. Ada beberapa permainan wisata air yang dapat digunakan oleh para pengunjung untuk bersenang-senang dan tempat duduk unik berbentuk angsa di pinggir kolam untuk bersantai.

Taman Balekambang Solo
Taman Air Partini

Partinah Bosch atau Hutan Partinah

Partinah Bosch merupakan area kebun yang ditanami dengan berbagai tanaman dan pohon-pohon langka. Pohon-pohon tua nan raksasa di sini membuat pemandangan taman menjadi hijau, rindang, dan eksotis. Beberapa pengunjung tampak bersantai di kursi yang disediakan di area taman, duduk di rerumputan bersama keluarga/kekasih, dan beberapa tampak asyik bermain dengan ayam kalkun dan rusa yang dibiarkan lepas di taman (yang terakhir ini saya sendiri ding hihihi 😀 ).

Baca juga:  14 Kuliner Magelang Ini Bisa Menyihir Lidahmu!
Balekambang
Taman Balekambang yang rindang

Hewan Jinak Dilepas Bebas

Inilah yang membuat taman ini tampak berkelas internasional, hewan-hewan dilepas bebas di area taman. Kalau taman-taman di luar negeri sering kita saksikan puluhan burung dara yang bebas lepas di taman, di Taman Balekambang juga terdapat burung-burung dara yang dilepas bebas plus rusa, angsa, kalkun, dan beberapa hewan jinak lainnya (semut? :D).

Rusa Balekambang
Rusa yang bermain bebas di Taman Balekambang

Taman Reptil

Jika merasa kurang tertantang bermain-main dengan rusa dan ayam kalkun, kita dapat mengunjungi Taman Reptil yang berada di dalam area Taman Balekambang ini. Di taman ini, pengunjung dapat bermain-main dengan ular raksasa, iguana, kelinci anggora, burung rangkong, burung elang, dan beberapa satwa lain. Sedangkan reptil berbisa dan beberapa  binatang buas/liar lainnya tetap dikandangkan demi keamanan pengunjung. Pasar Burung Depok dan Pasar Ikan Hias juga sedang dikembangkan sehingga terintegrasi dengan kawasan Taman Balekambang ini.

Taman Reptil Balekambang
Froggy style, karena doggy style terlalu mainstream

Tiket Masuk

Masuk Taman Balaikambang adalah gratis alias tidak dipungut biaya. Jika menggunakan kendaraan pribadi, pengunjung baru dikenakan biaya parkir. Sedangkan khusus untuk memasuki taman reptil, pengunjung dikenakan tiket masuk seharga Rp5.000

Taman Reptil Balekambang
Manicure Pedicure dulu cyiiin…

Cara Menuju Taman Balekambang

Dari Terminal Tirtonadi Solo, kita dapat naik becak atau angkutan umum jurusan Taman Balekambang. Lokasi taman ini lumayan dekat dengan terminal utama Kota Solo ini. Atau, kalo mau jalan-jalan ke Solo bisa minta tolong guide Mbak Ninik (Telp/WA 085647189024) buat anterin kamu kemana-mana.

So, sudah siap bermain dengan putri raja? Eh, maksudnya bermain di taman putri raja?

Gambar/Foto Lengkap Taman Balekambang

8 COMMENTS

  1. Helpful info. Lucky me I discovered your site accidentally, and I’m shocked why this coincidence did not took place earlier! I bookmarked it.

  2. It’s appropriate time to make a few plans for the future and it is time to be happy. I have read this submit and if I could I desire to recommend you few attention-grabbing issues or suggestions. Maybe you could write subsequent articles regarding this article. I wish to read even more things about it!

  3. Hmm is anyone else having problems with the images on this blog loading? I’m trying to find out if its a problem on my end or if it’s the blog. Any feed-back would be greatly appreciated.

  4. What’s Taking place i am new to this, I stumbled upon this I’ve found It absolutely useful and it has helped me out loads. I hope to contribute & help different users like its aided me. Great job.

  5. Have you ever considered about including a little bit more than just your articles? I mean, what you say is valuable and all. Nevertheless imagine if you added some great graphics or video clips to give your posts more, “pop”! Your content is excellent but with pics and clips, this blog could definitely be one of the most beneficial in its niche. Terrific blog!

LEAVE A REPLY