Pantai Pasir Putih Pulau Panjang (5P) di Dekat Jepara

Pantai Pasir Putih Pulau Panjang (5P) di Dekat Jepara

Pulau Panjang Jepara

No man is an island, entire of itself; every man is a piece of the continent.”- John Donne

Bagi yang tinggal di Jawa Tengah atau sedang jalan-jalan di Jawa Tengah dan menginginkan tempat wisata yang mempunyai pasir putih yang indah, barangkali Pulau Panjang di Jepara ini dapat menjadi alternatif liburan kita. Pulau ini memang kalah populer dengan Kepulauan Karimunjawa. Akan tetapi ada keunggulan dari pulau ini jika dibandingkan dengan Kepulauan Karimunjawa.

Rute Perjalanan

Kami berangkat dari Solo dengan menggunakan mobil pribadi. Jalur yang kami pakai adalah jalur Solo – Purwodadi – Demak/Pati – Jepara. Kondisi jalan di jalur ini lumayan sempit dan beberapa di antaranya lumayan hancur. Dari Kota Solo menuju ke Pelabuhan Kartini membutuhkan waktu sekitar 5 jam 45 menit.

Di rute Solo – Purwodadi – Demak/Pati – Jepara ini kita juga dapat menemui beberapa obyek wisata yang menarik lainnya, misalnya Sangiran, Bledug Kuwu, dan lain sebagainya. Ada pula salah satu obyek wisata yang unik di sekitar jalur ini, yaitu Gunung Kemukus. Tempat ini merupakan lokasi untuk mencari pesugihan dengan cara menggunakan ritual sex. Hehehe… Mampir?

Pelabuhan Kartini

Untuk menyeberang ke Pulau Panjang, kita harus ke Pelabuhan Kartini terlebih dahulu. Dermaga penyeberangan dari Pelabuhan Kartini ke Pulau Panjang dan ke Karimunjawa berbeda walaupun jaraknya amat sangat dekat. Di sini ada papan petunjuk dermaga kapal untuk menuju ke Pulau Panjang. Kita bisa menyewa perahu kecil dengan kapasitas 10-15 orang dengan tarif sewa kapal Rp15.000-20.000/orang tergantung ramai atau tidaknya wisatawan. Hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit perjalanan dari Pelabuhan Kartini ke Pulau Panjang.

Pelabuhan Kartini Jepara

Bangunan berbentuk kura-kura raksasa untuk akuarium di Pelabuhan Kartini

Pulau Panjang

Pulau Panjang merupakan pulau kecil yang berpasir putih di sekelilingnya. Di dalam pulau ini masih terdapat beberapa satwa yang sepertinya dilindungi. Beberapa jenis burung dan monyet dapat ditemui di pulau ini.

Keunggulan Pulau Panjang ini terletak pada jaraknya yang sangat dekat dengan Jepara. Jika ingin berenang atau berjemur di pantai pasir putih, kita tidak perlu jauh-jauh ke Karimunjawa atau ke pulau-pulau lainnya. Ini yang menjadi keunggulan Pulau Panjang ini. Akan tetapi, jika ingin snorkeling atau ingin melihat terumbu karang yang indah, sebaiknya mengunjungi Karimunjawa.

Pulau Panjang Jepara

Pantai Pasir Putih di Pulau Panjang, Jepara

Snorkeling di Pulau Panjang

Tak ada penyewaan alat snorkeling di Pulau Panjang maupun di Pelabuhan Kartini. Jadi, kita haru membawa peralatan snorkeling sendiri dari rumah. Terumbu karang di sekitar pantai di pulau ini tampak rusak. Saya sendiri masih tidak tahu di mana spot snorkeling yang bagus di pulau ini.

Jika tidak bisa berangkat ke Karimunjawa karena ketinggalan kapal atau karena cuaca buruk dan sudah terlanjur datang ke Jepara, kita tak perlu khawatir. Kita masih bisa jalan-jalan ke Pulau Panjang ini sebagai pelipur lara hehehe…

Gambar-gambar/foto-foto Lengkap Pulau Panjang, Jepara


NO COMMENTS

Leave a Reply