Candi Sukuh : Piramida Terpotong dan Simbol Seksualitas

0

Rute

Candi Sukuh terletak di Kelurahan Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, satu jam perjalanan dari Kota Solo/Surakarta. Karena terletak di lereng pegunungan, maka jalur yang dilalui pun tipikal jalan-jalan di pegununan yang berkelok-kelok dan menanjak. Untungnya kondisi jalan sudah beraspal halus.

Rute dari arah Solo adalah sebagai berikut: Solo ke arah timur – Jembatan Sungai Bengawan Solo – Jalan Raya Solo Tawangmangu – Karanganyar – Candi Sukuh – Tawangmangu

Nah sebelum sampai ke Tawangmangu terdapat gapura selamat datang di objek wisata Candi Sukuh/Candi Cetho ini di sebelah kiri. Jangan sampai kebablasan ke Tawangmangu ya… Kecuali memang Tawangmangu juga menjadi tujuan jalan-jalan Anda.

Setelah memasuki gerbang selamat datang tersebut, ikuti saja jalanan beraspal menuju Candi Sukuh. Karena minim papan petunjuk, sebaiknya memang harus banyak bertanya kepada penduduk sekitar ketika berada di persimpangan jalan. Biasanya, jalan-jalan ke Candi Sukuh juga dilanjutkan ke Candi Cetho, Air Tejun Jumog, Kemuning, dan Tawangmangu yang letaknya tidak begitu jauh dari Candi Sukuh ini.

Atau, kalau masih bingung dan mau lebih fleksibel jalan-jalan ke Candi Sukuh/Solo bisa minta tolong tour guide Mbak Ninik (Telp/WA 085647189024) buat anterin kamu kemana-mana.

So, jangan lewatkan untuk mengunjungi Candi Sukuh ini kalau Anda sedang jalan-jalan ke Kota Solo.

Gambar-gambar/Foto-Foto Lengkap Candi Sukuh

LEAVE A REPLY