Jalan-jalan ke Kota Solo/Surakarta

Jalan-jalan ke Kota Solo/Surakarta

“The good thing about flying solo is it’s never boring.” – Steve Fossett

Merencanakan perjalanan memang kadang gampang-gampang susah. Karena selain minimnya informasi yang kita peroleh, juga waktu jalan-jalan kita pun sangat terbatas. Dengan kata lain, setiap misi traveling selalu bermuara pada satu tujuan: tempat-tempat menarik manakah yang layak dikunjungi dengan waktu yang sangat minim. Kali ini saya akan membuat daftar jalan-jalan di Kota Solo Raya (Mencakup Sukoharjo, Boyolali, Surakarta/Solo, Karanganyar, Wonogiri, Sragen, Klaten atau dikenal dengan Subosukawonosraten) plus supaya waktu Anda sangat efektif dan efisien.

Banyak sekali obyek wisata menarik di Kota Solo. Namun, keterbatasan waktu jalan-jalan tentu saja membuat kita hanya memilih tempat-tempat wisata favorit saja. Berikut ini adalah alternatif perjalanan yang dapat Anda kunjungi selama di Kota Solo. Urutan alternatif adalah berdasarkan preferensi saya, jadi silakan sesuaikan dengan preferensi Anda. Masing-masing alternatif saya buat satu arah perjalanan sehingga waktu Anda tidak terbuang sia-sia di jalan.

Alternatif Pertama: Solo Selatan

Candi Prambanan adalah salah satu candi yang megah. Candi ini dapat ditempuh baik dari Jogja maupun dari Solo. Setelah jalan-jalan ke Candi Prambanan, Anda bisa melanjutkan jalan-jalan ke candi-candi lainnya seperti Candi Ratu Boko dan Candi Sambisari. Alternatif lainnya adalah, setelah mengunjungi berpanas-panas ria di Candi Prambanan, Anda bisa menyeburkan diri ke Pandawa Waterworld atau Umbul Cokro/Cokro Tulung. Dengan catatan, berangkat ke Candi Prambanan harus pagi-pagi banget. Pandawa Waterworld adalah semacam waterpark dengan tema pewayangan dan pantai buatan. Sedangkan Cokro Tulung adalah sumber mata air alami yang terletak di Kabupaten Klaten.

Pilihan:

1. Candi Prambanan + Candi Ratu Boko + Candi Sambisari

2. Candi Prambanan + Pandawa Waterworld

3. Candi Prambanan + Umbul Cokro/Cokro Tulung

Estimasi waktu:

Solo – Candi Prambanan = 1,5 jam

Candi Prambanan – Candi Ratu Boko/ Candi Sambisari = 30 Menit

Candi Prambanan – Umbul Cokro/Cokro Tulung = 45 menit

Candi Prambanan – Pandawa Waterworld = 1,5 jam

Solo – Pandawa Waterworld = 30 Menit

Total: 1 hari

Candi Prambanan

Candi Prambanan

Pandawa Waterworld Solo (image credit to:pandawa-lima.com)

Halaman berikutnya, alternatif kedua jalan-jalan di Solo


8 COMMENTS

  1. estimasi perjalanan itu menggunakan kendaraan umum ato pribadi
    kalo menggunakan kendaraan pribadi gimana ewstimasinya
    karena ada rencana kesana dengan kendaraan umum

    • @Wahyudi
      lebih cenderung ke estimasi menggunakan kendaraan pribadi mas, kalo menggunakan kendaraan umum tinggal ditambahin perkiraan waktu ngetemnya :)

Leave a Reply