Jan 122012
 

 

Tempat Makan restoran Bulus Labi-labi

Warung mungil yang jual produk bulus

“May this house stand until an ant drinks the ocean and a tortoise circles the world.” – Jonathan Carroll

“Bulus? Labi-labi? Makhluk apa pula itu?” itulah pertanyaan teman saya sewaktu saya ajak makan tongseng bulus. Istilah “akal bulus” atau “lebak bulus” memang sudah sangat umum dipakai, jadi saya kira banyak orang sudah tahu apa itu bulus atau labi-labi, ternyata masih banyak yang belum tahu juga ya?  Baiklah, sebelum kita membahas kuliner yang bagi saya ekstrim, dan bagi orang lain belum tentu ekstrim, mari kita ungkap siapakah bulus sebenarnya… jreng..jreng… *diiringi alunan musik thriller*

Bulus atau labi-labi (Amyda cartilaginea/Chitra chitra javanensis/softshell turtle) adalah sejenis kura-kura air tawar dengan tempurung lunak dan moncong seperti babi. Nah loh, udah makan kura-kura, mirip babi pula. Ekstrim toh?

gambar bulus

penampakan Bulus/labi-labi (source: wikipedia)

Tongseng Bulus

Warung Bu Rini ini menyediakan menu Sate Bulus dan Tongseng Bulus. Pada saat ke warung ini, Bu Rini sedang tidak membuat sate, jadi kami memutuskan untuk makan tongseng saja. Rasanya maknyuwossss gobyos – gobyos… Masakan Bu Rini ini menurut saya nikmat euy… Bumbunya nendang abeess…

Kalo daging bulus sendiri gimana rasanya? Saya sengaja memesan tongseng daging bulus yang dicampur dengan sirip bulus. Rasa dagingnya mirip dengan daging kambing. Apakah karena dimasak dengan bumbu tongseng? Ndak tahu juga saya… Sedangkan rasa sirip bulus mirip sekali dengan kikil/tunjang.

Harga tongseng daging bulus adalah Rp20.000 per mangkok, sedangkan harga tongseng daging campur sirip bulus dihargai Rp15.000 per mangkok. Tak terlalu mahal bukan?

Tongseng Bulus Jogja

Tongseng Bulus yang lezat

Minyak Bulus

Selain makanan, warung Bur Rini ini juga menjual minyak bulus. Harga minyak bulus ini dibanderol Rp1.000/cc, dijual dalam kemasan 15cc dan 100 cc. Beliau secara terus menerus menawarkan minyak bulus ini kepada kami karena berkhasiat meningkatkan gairah laki-laki, padahal tujuan kami ke warung ini cuma pengen merasakan makan bulus (mungkin karena muka kami mesum kali yess?). Bahkan ada pengunjung yang, kata beliau, “on” sampai 2 hari karena mengoleskan minyak bulus ke… ehm… sebutin gak ya hehehe…

Minyak Bulus Jogja

Minyak Bulus 100cc

Berikut ini merupakan manfaat minyak bulus dan produk bulus lainnya yang saya peroleh di warung ini, percaya atau tidak saya kembalikan ke masing-masing karena saya juga tidak mendapatkan data manfaat minyak bulus ini secara klinis.

1. Minyak bulus dapat menghaluskan dan mengencangkan kulit, mengencangkan payudara, mengencangkan perut, meningkatkan vitalitas alat kelamin pria, dan menghilangkan flek hitam/jerawat di wajah.

2. Empedu bulus dapat menyembuhkan asma, mata rabun, dan sakit gigi.

3. Tempurung bulus dapat digunakan untuk tolak bala, obat rematik, mempercepat kesembuhan tulang patah, dan untuk tempat makan ayam/burung!!! *duh Bu Rini, kenapa manfaat yang paling terakhir ini juga disebutin sih, lucu aja dengarnya*

4. Kepala bulus dapat digunakan untuk mengobati telinga yang bercongek, bernanah, dan tuli! *really?*

5. Otak bulus untuk meningkatkan kesuburan pasangan suami istri.

6. Hati bulus dapat mengobati penyakit dalam, stress, dan guna-guna black magic. *wow*

7. Daging bulus untuk menjaga kesehatan paru-paru, menurunkan demam, panas dalam, badan loyo, pegal-pegal, dan meningkatkan nafsu seksuil.

8. Telur bulus dapat meningkatkan pernafasan yang lemah dan menyembuhkan diare.

9. Sirip/pitun bulus membuat awet muda, menjaga metabolisme tubuh, TBC, dan radang paru-paru

Sekali lagi saya tidak mengatakan bahwa manfaat tersebut benar atau tidak, jadi saya kembalikan ke masing-masing.

Tangkur Bulus

Tangkur? Apa itu? Biasanya istilah tangkur digunakan untuk buaya. Tangkur bulus adalah alat kemaluan bulus jantan a.k.a titit-nya bulus. *Huss… Puppy segera edit sebelum kena sensor!*

Tangkur bulus ini dipercaya berkhasiat untuk obat kuat lelaki. Cara pakainya gimana ya? diemut atau dijilat? *Huss… Puppy tutup mulutmu, jangan ngomong vulgar ah!*

penis bulus

tangkur bulus ereksi (kiri), tangkur bulus yang tidak ereksi (kanan)

Produk Bulus Lainnya

Produk bulus lainnya yang dijual di warung ini adalah sabun, cream, dan lain sebagainya yang mengandung saripati bulus. Khasiatnya? Baca sendiri ya… Dan sekali lagi dan lagi dan lagi, benar atau tidaknya khasiat produk bulus ini, saya kembalikan ke pembaca yang budiman dan rupawan.

Produk-produk terbuat dari bulus labi-labi

Produk-produk lain yang terbuat dari bulus

Lokasi

Warung yang menjual produk-produk olahan bulus ini terletak di Jalan Kranggan Nomor 1, Jogja. Persis berada di pinggir pertigaan Jalan AM Sangiaji dan Jalan Kranggan sendiri.

Status Perlindungan Bulus/Labi-labi

Setelah saya makan tongseng bulus ini, saya baru sadar bagaimana status kepunahan bulus ini sebenarnya dan langsung mencari tahu apakah bulus ini merupakan binatang langka atau tidak. Ternyata, menurut International Union for Conservation of Nature (IUCN), bulus jenis Amyda cartilaginea termasuk ke dalam status satwa yang “Rentan” (VU, Vulnerable). Maksudnya adalah hewan ini dianggap sedang menghadapi risiko tinggi kepunahan di alam liar. Masih belum terancam punah memang, tapi belum bisa juga dikatakan aman untuk dikonsumsi karena jumlahnya yang belum bisa dikatakan aman. Sedangkan bulus besar Chitra chitra javanensis dan Chitra indica termasuk satwa yang dilindungi di Indonesia (Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 1999). Duh, semoga Tuhan mengampuni saya yang  rakus ini yak … Amiin…

Foto-foto Lainnya


  4 Responses to “Extreme Culinary – Tongseng Bulus/Labi-labi”

  1. tolong berikan alamat legkap bu Rini di Yogya, thank

  2. minta no telp nya dong , sate bulus di ?

 Leave a Reply

(Wajib Diisi)

(Wajib Diisi)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>