Empat Kali ke Goa Gong dan Masih Takjub

2

Lokasi

Goa Gong terletak di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Donorejo, Pacitan. Two pictures is worth two thousand words, tak perlu saya jelasin dengan kata-kata, biarkan dua gambar berikut ini yang berbicara di mana letak Goa Gong tersebut.

Lokasi Pacitan
Peta Pacitan (klik buat memperbesar gambar)
Rute Goa Gong
Peta Goa Gong (jarak dari Kota Solo, klik buat gedein gambar)

Cara Menuju Goa Gong

Untuk menuju ke Goa Gong, perjalanan bisa dimulai dari mana saja, entah itu dari kota-kota di Jawa Timur, Kota Jogja, dan Kota Solo asalkan tempat yang dituju adalah Kabupaten Pacitan. Nah, dari Kabupaten Pacitan, perjalanan bisa dilanjutkan ke Goa Gong. Setelah berkunjung ke Goa Gong pun jalan-jalan bisa dilanjutkan ke Pantai Klayar, Pantai Teleng Ria, Goa Tabuhan, dan tempat wisata menarik lainnya kalau Anda mau.

Saya sendiri selalu memulai perjalanan dari Kota Solo atau Surakarta, kota terdekat Pacitan. Karena gak mau rempong (sekali lagi karena ingin mempertahankan predikat traveler yang sangat lazy *alasan, padahal males beneran*), saya selalu menyewa mobil dari Solo ke Goa Gong. Rute yang selalu saya lalui adalah seperti ini: Solo – Sukoharjo – Wonogiri – Baturetno – Donoredjo – Belah – Wareng – Punung – Bomo – Goa Gong.

Peta Goa Gong
Rute Goa Gong (klik aja buat memperbesar gambar)

Masih bingung mau menuju Gua Gong/Pacitan? Bisa minta tolong guide/pemandu wisata Mbak Ninik (Telp/WA 085647189024) buat anterin kamu kemana-mana. Start dari Solo.

Goa Gong ini diklaim sebagai “Goa Paling Indah Se-Asia Tenggara”. Entah dari mana asal klaim tersebut, menurut saya klaim ini tidak sembarang bicara. Terbukti dari empat kali kedatangan saya ke Goa Gong dengan segala perubahan infrastrukturnya, hanya satu yang masih belum berubah, yaitu kekaguman saya akan stalaktit dan stalagmit yang luar biasa indahnya ini… Magic!!

Gambar-gambar /Foto-foto Lengkap Goa Gong

1
2
SHARE

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY