Curug (Air Terjun) Cikaso yang Fotogenic

6

“Two waterfalls do not hear each other” – Kikuyu (Kenya) Proverb

Curug Cikaso atau Air Terjun Cikaso merupakan obyek wisata alam di wilayah selatan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Bagi yang berwisata ke Ujung Genteng, tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi air terjun atau di Jawa Barat disebut curug ini. Selain pemandangannya yang indah, berenang di bawah air terjun ini benar-benar memberikan sensasi tersendiri.

Pemandangan yang Indah

Curug Cikaso ini sangat fotogenic menurut saya, karena di semua foto yang saya lihat dari koleksi saya dan foto lain dari berbagai sumber, menunjukkan hasil yang cantik. Padahal kenyataannya? Cantik beneran sih hehehe… Air yang jatuh dari atas mirip kelambu sutera. Bebatuan kapur dan hijaunya dedaunan membuat pandangan mata menjadi fresh… Sejuk bener euy…

Berenang di Bawah Air Terjun

Di bawah air terjun terdapat telaga kecil atau kolam air yang bikin gak sabar segera pengen nyebur. Tapi hati-hati dan perlu diperhatikan bahwa terdapat titik-titik yang aman dan titik-titik yang membahayakan, karena telaga ini mempunyai kedalaman yang berbeda-beda mulai dari yang cetek semata kaki, sampai kedalaman 40 m (seperti yang dibilang guide kami). Tentu saja bagian yang dalam tersebut sebaiknya dihindari daripada terjadi sesuatu yang tidak-tidak. Safety first…

Berenang di Curug Cikaso
Sebelah kiri agak berbahaya karena dalam, sebelah kanan aman karena dangkal

Sewaktu ke Curug Cikaso, tentu saja kami langsung nyebur di bagian yang aman dan menyerahkan kepala kami untuk dijitakin ama air terjun ini. Lumayan pijit gratis cyiiin…

Yang sedikit mengejutkan adalah ketika kita melihat ke arah kaki kita sewaktu berada di bawah kucuran air terjun persis, ada pelangi berwarna-warni mejikuhibiniu mengelilingi kaki kita. Wow! bisa menyusul para bidadari di kayangan nih dengan berjalan di atas pelangi hehehe…

Baca juga:  Candi Sukuh : Piramida Terpotong dan Simbol Seksualitas

Selanjutnya, saya mencoba berenang dengan gaya punggung atau posisi badan telentang kemudian menatap ke atas air terjun. Tampaklah keindahan langit biru berpadu dengan serangan bertubi-tubi air terjun yang mengucur dari atas. Keren bangget….

Para pengunjung cowok tidak malu-malu berenang di curug ini hanya dengan mengenakan kancut. Namun demikian, tak nampak seorang pun pengunjung cewek yang hanya mengenakan bikini, apalagi meengenakan kancut doang hihihi… *dasar otak mesyum*

Air Kering

Pada saat-saat tertentu, misalnya pada musim kemarau yang panjang, air di Curug Cikaso ini menjadi kering. Sehingga yang nampak bukan air terjun, tapi hanya sebongkah tebing menjulang tanpa air. Jadi, kalau mau ke curug ini dengan limpahan air terjunnya, perhatikan juga waktu yang tepat untuk berkunjung.

Halaman berikutnya, cara menuju air terjun Cikaso

1
2
SHARE

6 COMMENTS

  1. aah, jadi malu nih.. padahal rumah orangtua ada di sukabumi
    tapi belum pernah kesini.. *beu, kemana aja?*

    makasih (seperti biasa) udah ngulas cerita dengan lengkap

    nengok2 yang lain aah.. udah lama ga kesini…

  2. @Hilsya
    Air terjunnya bagus euy… wajib kesini dah, tapi kudu siap2 perjalanannya yang naik turun bukit dan jaaauuuuuuh bgt dr Jakarta

LEAVE A REPLY