Pengen Kayang di Pantai Tanjung Kelayang

1

“Nothing venture, nothing gain” – English proverb

Belitung. Lah, maksudnya apa ini kok pengen kayang di pantai? Lu kire situ penari dangdut pantai… hehehe… By the way, Pantai Tanjung Kelayang adalah sebuah nama pantai di Pulau Belitung. Pantainya sangat indah dan sepi… ehm… maksudnya sepi dari wisatawan yang berenang, snorkeling, berjemur, dan melakukan aktivitas-aktivitas yang biasa dilakukan di pantai lainnya. Yang ada malah aktivitas para wisatawan yang ingin menyeberang ke pulau-pulau di sekitar sini. Padahal pantai ini sangat indah mirip pantai-pantai di Phuket, Thailand sono lho… Waduh, sayang banget ya?

Pertama kali kaki saya menginjakkan tapaknya Pantai Tanjung Kelayang, pikiran saya langsung tertuju ke pantai-pantai di Phuket dan Phi-phi Island. Pasirnya sama-sama sangat putih dan lembut kayak tepung. Bedanya, pantai-pantai di Phuket sudah dihiasi sama payung-payung di pinggir pantai dan bule-bule berbikini sexy hehehe… Sedangkan Pantai Tanjung Kelayang masih alami. Pilih yang mana?

Lokasi Pantai Tanjung Kelayang memang jauh dari Tanjung Pandan, pusat kotanya Belitung. Lama perjalanan yang dibutuhkan dari Tanjung Pandan ke Pantai Kelayang adalah sekitar 1 jam perjalanan. Waktu itu saya dan teman saya menggunakan motor sewaan untuk menuju pantai ini, mengingat transportasi umum menuju pantai ini masih susah! Pantai ini sebenarnya berada lumayan dekat dari Pantai Tanjung Tinggi, pantai yang terkenal sebagai lokasi syuting Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi itu. Kira-kira, jarak tempuh Pantai Tanjung Kelayang adalah sekitar 20 menit dari Pantai Tanjung Tinggi. Sayang sungguh sayang, saya menuju ke pantai ini dengan tujuan ingin menyeberang ke penginapan saya di Pulau Babi. Padahal melihat pantainya saja, ingin rasanya nyebur di pantai ini… *mewek*

Baca juga:  Bukit Cumbri. Pendaki Pemula Silakan Baca!

Pantai Tanjung Kelayang memang sering digunakan sebagai lokasi untuk menyeberang dari pulau utama Belitung ke Pulau Lengkuas dan Pulau Babi. Yang saya suka dari pantai ini selain pasir putihnya yang superputih dan superlembut adalah warna biru air lautnya yang bergradasi.  Amaziiiiing bener cuy…

Tanjung Kelayang Belitung
Pantai Tanjung Kelayang dilihat dari laut

Tapi apa daya, itinerary perjalanan yang kami sepakati hanyalah menapak pantai ini untuk menyeberang ke pulau lainnya. Sebenernya sih guweh masih gak rela jalan-jalan ke pantai seindah ini kok cuman buat nyeberang doang… Mbok ya paling nggak 5 menit buat nyebur2 gitu kek… byuuur… *ah percuma, hanya di angan saja*

Suatu saat, ya, suatu saat saya ingin kembali ke Belitung dan ingin menyempatkan diri berhura-hura di Pantai Tanjung Kelayang.

Gambar-gambar/Foto-foto Belitung

1 COMMENT

LEAVE A REPLY