Pantai Siung yang Bersiung (Bertaring) Raawrr…

Pantai Siung yang Bersiung (Bertaring) Raawrr…

Pantai Siung

“There is poison in the fang of the serpent, in the mouth of the fly and in the sting of a scorpion; but the wicked man is saturated with it.” – Chanakya

Pantai Siung adalah sebuah pantai.. eh sebuah, sebutir, atau sehelai? ah sudahlah… Pantai Siung adalah sebuah nama pantai yang terletak di Gunung Kidul, Wonosari, Yogyakarta. Sesuai dengan namanya “siung” dalam Bahasa Jawa yang berarti taring, Pantai Siung ini berhiaskan batu-batu karang berbentuk taring di pinggiran pantainya… raawrrrr… gigit!!

Di antara pantai-pantai Wonosari lainnya, Pantai Siung ini merupakan salah satu yang paling unik menurut gue. Apa saja sih keunikan pantai ini? Mari kita kupas satu persatu sama dengan satu:

1. Batu Karang Berbentuk Gigi Taring (Siung)

A picture is worth a thousand words, tak perlu dijelaskan panjang lebar, sila dinikmati gambar karang bertaring di pinggir pantai berpasir putih berikut ini:

Pantai Siung Jogja

Karang-karangnya mirip siung (gigi taring)

2. Pasir Bulat

Sama seperti Pantai Kuta Lombok yang mempunyai bentuk pasir yang bulat banget, Pantai Siung ini juga berpasir bulat seperti merica. Gue tidak menemukan bentuk pasir bulat seperti ini di pantai-pantai Wonosari lainnya. Bedanya dengan pasir Pantai Kuta Lombok adalah pasir bulat Pantai Siung ini bercampur dengan komposisi jenis pasir lainnya.

Pantai Wonosari

Pasir Bulat Pantai Siung

3. Ombak yang Indah

Karakteristik umum pantai selatan Pulau Jawa adalah mempunyai ombak yang besar. Penampakan ombak Pantai Siung pun tak beda jauh dengan pantai-pantai selatan Pulau Jawa lainnya. Kelebihannya mungkin ombak di pantai ini sangat besar dan rata. Stunning

Ombak Pantai Selatan

Ombak Pantai yang besar dan rata... cool!!

4. Banyak Makhluk Alien yang Unyu

Antara menjijikkan, menggelikan, dan mempesonakan, makhluk-makhluk karang seperti bintang ular, landak laut, siput laut, ikan karang, dan makhluk lainnya dapat dengan mudah ditemukan di pinggir pantai.

Siput Pantai

Siput Laut yang banyak bertebaran di Pantai Siung

5. Lokasi Panjat Tebing

Banyak pemanjat tebing yang melakukan aksi-aksi spektakulernya di tebing karang di Pantai Siung ini. Sebenarnya biasa aja sih, tapi karena guwe nya yang ndeso kali ya jadi terkesan bombastis very fantastis mister romantis…

Kekurangan dari pantai ini mungkin jaraknya yang sangaaaat jauh dari pusat kota Jogja, bahkan terletak sangat jauh ke timur dibanding Pantai-pantai Wonosari lainnya seperti Pantai Baron, Kukup, Krakal, Drini. Untuk menuju pantai ini pun butuh waktu 2,5-3 jam dari pusat kota Jogja. Ditambah lagi jalanan yang naik turun dan lumayan sempit.

Rute

Gue masih belum yakin dengan adanya angkutan umum menuju Pantai Siung ini. Jadi sebaiknya memang menggunakan kendaraan pribadi. Pastikan kendaraan masih dalam keadaan prima dengan bensin yang cukup karena kondisi jalanan yang jauh, naik turun, dan berkelok-kelok.

Dari Solo

Solo – Bekonang – Sritex – Weru – Watukelir – Semin – Karangmojo – Giripanggung – Piji – Jepitu – Pantai Siung

Dari Jogja

1.  Malioboro – Gembira Loka – Kidz Funs – Bukit Bintang – Wonosari- Lurus ke Baron/belok kiri jauuuh terus ke Pantai Siung.

2. Ringroad jalan layang Janti – Perempatan JEC- Lurus sampe perempatan – belok kiri – ada plang Wonosari - Lurus ke Baron/belok kiri kiri jauuuh terus ke Pantai Siung.

Ndak perlu bingung sama rute nya, banyak plang-plang yang menunjukkan lokasi Pantai Siung ini kok. Masih bingung juga? Sila bertanya arahnya pada penduduk sekitar atau kepada rumput yang bergoyang ngebor…

Karena jaraknya yang sangat jauh ke timur, jika berangkat dari Jogja, Anda akan melewati Pantai-pantai Wonosari lainnya. Pastikan Anda fokus untuk menuju ke Pantai Siung ini, ehm.. sekali lagi fokus… Jangan sampai tergoda keindahan pantai-pantai yang dilewati. Karena akan berakibat fatal, bukannya nyampai ke Pantai Siung, malah terlena dan kemungkinan terburuknya adalah malah terdampar main-main di pantai Wonosari lainnya ini hehehe…

Gambar-gambar Pantai Siung dan Pantai Wonosari Lainnya


2 COMMENTS

Leave a Reply