(Agak Sial) Saat Berkunjung di Pulau Lengkuas, Belitung

6

“Metaphysics is a dark ocean without shores or lighthouse, strewn with many a philosophic wreck.” – Immanuel Kant

Pulau Lengkuas di Belitung ini terkenal dengan mercusuarnya yang menjulang tinggi di tengah-tengah pulau. Kontras sekali dengan luas pulaunya yang hanya kurang dari satu hektar. Selain Pantai Tanjung Tinggi yang menjadi lokasi syuting Laskar Pelangi, Pulau Lengkuas ini juga menjadi tempat favorit yang paling ramai dikunjungi di Belitung.

Entah darimana sejarah penamaan Pulau Lengkuas ini, yang jelas saya tidak menemukan tanaman lengkuas, patung lengkuas, poster lengkuas, atau apapun juga yang kelengkuas-lengkuasan. Ada yang tau?

Mercusuar

Inilah objek utama Pulau Lengkuas, mercusuar peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1882. Tinggi mercusuar ini adalah 80 meter dengan 303 anak tangga dan 19 lantai. Hmm… setinggi midrise gedung-gedung pencakar langit di ibukota ya? Para wisatawan yang jalan-jalan ke Belitung biasanya juga mengunjungi pulau ini dengan alasan ingin melihat mercusuar dan menuju puncaknya. Dengan menaiki mercusuar ini, tampak pemandangan luas yang indah di sekitar Pulau Lengkuas. Sayang sekali pas ke sana, mercusuar ini tidak boleh dinaiki. Cdih deh kakaaak…

Pantai yang Indah

Pantai di Pulau Lengkuas ini terbagi menjadi dua bagian, pantai pasir putih dan pantai dengan bebatuan granit. Pantai pasir putih indah di pulau ini sepertinya agak terlupakan karena para wisatawan lebih senang ke bagian mercusuar dan batu-batu granit. Cuma bule-bule aja yang tampak berenang di sini.

Pulau Lengkuas
Birunya suasana sekitar Pulau Lengkuas

Seperti halnya pulau-pulau lain di Bangka-Belitung, Pulau Lengkuas ini juga dihiasi dengan batu-batu granit raksasa. Kami juga sangat senang bermain di antara batu-batu raksasa di Pulau Lengkuas ini sama seperti pengunjung lainnya. Ada semacam kolam alami di antara batu-batu raksasa ini tempat kami cibang-cibung. Wuih… Seger bener….

Baca juga:  Pengen Kayang di Pantai Tanjung Kelayang

Lokasi Snorkeling Paling Bagus

Dua spot snorkeling yang terkenal di Belitung adalah Pulau Lengkuas dan Pulau Babi. Menurut guide kami, terumbu karang di Pulau Lengkuas ini yang paling bagus. Memang bagus sih ikannya lumayan banyak, tapi kami datang di saat mendung dan gelombang air kurang bersahabat. Walhasil, udah pemandangan dasar laut menjadi gelap karena kurangnya sinar matahari yang masuk, tenaga pun terkuras melawan arus. Capedeu…

Cara Menuju Pulau Lengkuas

Untuk menuju ke Pulau Lengkuas, pengunjung bisa menyewa kapal dari Pantai Tanjung Kelayang/Tanjung Binga di pulau utama Belitung. Alternatif lainnya adalah, dapat menyewa kapal di Pulau Babi/Kepayang jika menginap di pulau tersebut. Sepertinya tidak ada penginapan di pulau ini, jadi para pengunjung memang harus menginap di pulau utama Belitung atau di Pulau Babi/Kepayang.

Memang sedang kurang beruntung saat berkunjung di pulau ini, dua keunggulan utama pulau ini belum bisa dinikmati, udah mercusuar ditutup, snorkeling pas mendung dan arus kenceng pula. Tapi satu hal yang patut disyukuri, teman-teman ngetrip kali ini sangat menyenangkan, sehingga kesialan kami tersebut bukanlah suatu masalah bagi kami. Kami enjoy aja tuh bercanda ketawa-ketiwi kayak orang gila lagi arisan… That’s the reason why i love traveling… Destination and journey have the same excitement. Gak dapet destination, ya nikmati aja journey-nya :).

Gambar-gambar/Foto-foto Belitung

Gambar-gambar/Foto-foto Belitung Part II

6 COMMENTS

  1. mau bertanya utk hopping island nya,biaya menywa kapalnya brp utk per hari nya yah? ke Pulau Batu berlayar, pulau Burung juga tdk selain ke lengkuas ..

    tks

    • @Mungkas
      Wah soal biaya saya kurang tau, kemarin saya cuman nebeng temen. Contact Person (CP) di Belitung yg kami hubungi adalah Dita 0857-891-011-84/0821-757-042-50. Coba hubungi beliau deh…

LEAVE A REPLY