Snorkeling Tapi Gak Bisa Berenang?

3

Peralatan yang biasa digunakan untuk snorkeling adalah snorkel set atau snorkel gear (kacamata google/mask plus pipa snorkelnya). Peralatan tersebut memungkinkan kita dapat melihat dasar laut dalam waktu yang lama dan dapat bernafas dalam waktu yang lama pula. Sedangkan peralatan tambahan lainnya adalah fin atau flippers (sepatu sirip kaki atau sepatu katak) yang membantu kita berenang dengan cepat dan juga membantu dalam memberikan kekuatan ayunan kaki selama berenang. Pelampung juga perlu digunakan untuk Anda yang masih belum bisa berenang. Jangan khawatir tenggelam karena pelampung ini sangat kuat untuk membuat badan Anda mengapung di permukaan air laut.

Snorkeling
Snorkel Set (Mask+pipa Snorkel)
Kaki Katak
Fin a.k.a flipper a.k.a sepatu katak

Bagaimana dengan keamanannya? Snorkeling sangat aman selama Anda tetap menggunakan pelampung (khususnya buat yang tidak bisa berenang) dan kondisi ombak yang tenang. Pastikan pelampung Anda benar-benar bisa mengapung, tali pengikatnya terikat dengan kuat, dan Anda pun memasangnya dengan benar. Yang penting adalah tetap rileks, nikmati saja pemandangan bawah laut yang indah, tetap berada tidak jauh dari kapal, dan jangan panik!

Percayalah bahwasanya snorkeling itu lebih mudah daripada berenang di kolam renang. Saya saja baru bisa berenang malah setelah snorkeling, bukan sebaliknya hehehe… Hal ini disebabkan karena kandungan garam lautan membuat tubuh secara otomatis mengambang di permukaan. Setelah bisa berenang, snorkeling dengan menggunakan pelampung mungkin menjadi tidak nyaman karena pergerakan kita menjadi tidak bebas lagi. Tapi ingat… safety first, kalau masih belum yakin dengan diri-sendiri, mendingan pelampungnya tetep dipakai.

Tips snorkeling untuk pemula gimana sih? Gini lho caranya:

1. Pakai dulu pelampungnya dengan benar dengan mengikat tali secara kuat.

2. Kalau sudah yakin pelampungnya terpasang kuat, gunakan dulu sepatu katak/fin-nya.

3. Pasang snorkel set ke muka. Gigit selang snorkelnya. Pastikan hanya bisa bernafas melalui mulut, bukan melalui hidung. Untuk menghindari kacamata google nya berembun, biasanya temen-temen saya mengoleskan shampoo bayi ke bagian dalam kacamata. Soalnya kalau kacamata berembun, kita tidak bisa melihat apa-apa kecuali sesuatu yang burem.

4. Siap-siap… yak… byur…. nyemplung aja ke laut…

Selama di laut, dan snorkel setnya tidak digunakan karena Anda lagi ingin istirahat sejenak menghirup udara segar, pastikan anda melepas snorkel set-nya dengan mengalungkannya di leher bukan dinaikkan ke jidat. Hal ini untuk menghindari agar peralatan snorkel set tersebut tidak terjatuh ke dalam laut.

Gimana? Guampang buanget toh? Selamat berkeling-keling ria… Loh? Kalau sudah berani snorkeling tanpa menggunakan pelampung, lanjut belajar freediving ya…

Follow

Twitter : @puppytraveler

Instagram: @puppytraveler

Facebook: Puppy Traveler

1
2
SHARE

3 COMMENTS

    • @Hilsya
      gw jg sering pake pelampung kalo capek banget, tinggal males2an aja gak perlu banyak gerak hahaha…

  1. Yg pengin nyoba snorkeling, gampang koq, tipsnya cuma 1 yaitu ketenangan. Temen2 yg mo nyoba maen snorkeling ke pulau menjangan bali aja, the best on bali lho…contak:snorkelingwithkadek@gmail.com/
    0852 3883 9596.

LEAVE A REPLY