Tanjung Tinggi, Pantai Tercantik di Belitung

Tanjung Tinggi, Pantai Tercantik di Belitung

Pantai Belitung

“Let no one who loves be unhappy, even love unreturned has its rainbow.”- James M. Barrie

Mungkin hampir semua orang tahu film “Laskar Pelangi” yang terinspirasi dari buku karangan Andrea Hirata itu. Keindahan alam yang diperlihatkan dalam film tersebut telah mengundang banyak wisatawan ke suatu tempat di pulau bernama Belitung ini. Lalu di manakah lokasi tepatnya pantai indah yang muncul dalam film Laskar Pelangi tersebut? *yaelah dramatis bener yak pake nanya2, padahal udah gamblang disebutin di judul artikel ini hehehe*

Lokasi Syuting Laskar Pelangi & Sang Pemimpi

Yup, jawabannya adalah Pantai Tanjung Tinggi. Pantai ini adalah pantai yang terindah di Pulau Belitung menurut saya (dan juga menurut beberapa blogger). Pantai Tanjung Tinggi ini “seperti” terbagi dua, yaitu pantai berpasir putih indah yang nampak pada gambar pertama di atas dan pantai yang berhiaskan batu-batuan granit raksasa. Yang saya heran adalah para wisatawan kebanyakan lebih tertarik di bagian pantai yang berbatu itu, ramai banget kayak kutu lagi dugem. Di bagian pantai yang berpasir putih, suasananya benar-benar kontras sekali dengan si pantai batu, sangat sepi. Bahkan, saya saja sampai bisa berenang SENDIRIAN di pantai yang seindah ini!!! Beuh, serasa memiliki pantai pribadi gitu deh… *spoiler: saking sepinya, saya berani ganti baju bugil di pantai ini, kalo memang ada yang ngelihat ya malapetaka baginya hihihi*

Selain film “Laskar Pelangi”, pantai ini juga menjadi lokasi syuting film “Sang Pemimpi”. Gara-gara film itu pula lah para wisatawan banyak yang penasaran dengan pantai indah berbatu raksasa yang muncul dalam salah satu adegan film tersebut. Kekuatan sebuah film dalam mengangkat popularitas wisata memang tak perlu dipertanyakan lagi, sebut saja Phi-Phi Island yang terkenal gara-gara muncul dalam film “The Beach”, Pantai Padang-padang yang muncul dalam film “Eat, Pray, Love”, dan lain sebagainya termasuk Pantai Tanjung Tinggi yang menjadi latar dalam film “Laskar Pelangi” ini. Jujur pada awalnya saya suka film “Laskar Pelangi” karena filmnya yang mengharu biru itu. Tapi setelah sampai sini, saya benar-benar menakjubkan, eh salah… Saya benar-benar ta’jub. Wow!

Batu granit raksasa Tanjung Tinggi

Tempat syutingnya Laskar Pelangi & Sang Pemimpi

Batu Granit Raksasa

Sebelumnya, di dalam film “Laskar Pelangi”, bayangan saya terhadap pantai ini benar-benar biasa banget. Pantai dan batu, segitu doank, di ancol juga banyak (banyak dari Hongkong). Demi menambah portofolio tempat wisata yang pernah saya kunjungi, ajakan teman saya untuk mengunjungi Belitong (Eh Belitung apa Belitong sih? atau Biliton? whatever lah ya…) ini saya iyain saja.

Seketika bayangan yang sebelumnya “biasa saja” tersebut berubah 180 derajat, saya benar-benar terhenyak akan batu-batu raksasa di sini. Guede-guede banget cyiin… Bagaimana bisa gitu batu segede King-kong obesitas bengkak yang lagi hamil disengat tawon, ada di pantai seindah ini. Fenomena alam apakah yang membuat Pantai Tanjung Tinggi bisa berhiaskan batu granit raksasa sebanyak ini?

Pantai Tanjung Tinggi

Bandingkan tinggi badan saya dengan batu raksasa di belakang saya

Batu-Batu Unik

Kekaguman saya pun belum berhenti sampai dengan batu-batuan granit raksasa tersebut karena di Pantai Tanjung Tinggi ini juga terdapat buanyak sekali batu-batuan unik dengan berbagai macam bentuk yang saya yakini ini hasil kejadian alam, bukan buatan manusia ataupun keisengan dukun semata. Batu-batuan tersebut ada yang berbentuk seperti kelupasan kulit mangga, irisan roti tawar, batu kotak, batu bulat, dan bentuk-bentuk aneh lainnya. Luar biasa!

batu unik Belitung

Batu terkelupas kayak kulit mangga

Penginapan

Untuk penginapan, di pantai ini terdapat Lor In Hotel. Tentu saja hanya berlaku bagi Anda yang tidak mempunyai masalah dengan mengeluarkan isi dompet yang tebal. Biasanya para receh traveler lebih memilih menginap di daerah pusat kota Belitung, yaitu Tanjung Pandan yang range harganya antara Rp50.000 – 250.000. Dari hotel di Tanjung Pandan, baru perjalanan dilanjutkan ke Pantai Tanjung Tinggi dengan menyewa motor atau mobil.

Cara Menuju Pantai Tanjung Tinggi

Pantai ini berjarak sekitar satu jam ke arah barat kota Tanjung Pandan. Angkutan umum jarang sekali, jadi pilihan tepat untuk menuju pantai ini adalah dengan menyewa motor atau mobil. Sewaktu saya ke sini, saya menyewa motor dari hotel tempat saya menginap  di Tanjung Pandan dengan tarif Rp50.000 per 24 Jam. Jangan kawatir mengenai rute nya karena sudah banyak plang yang menunjukkan arah ke pantai ini. Kalau masih bingung ya nanya saja ke penduduk sekitar, seperti peribahasa yang menyebutkan bahwa malu bertanya sesat di pelaminan *loh?*.

Memang tak salah Andrea Hirata mengenalkan Belitung, daerah asalnya,  ke seluruh Indonesia melalui buku dan film. Oleh pemerintah setempat, Belitung pun akan dikembangkan menjadi Bali kedua. Bagaimana dengan daerahmu? Berani mengenalkannya melalui buku atau film?

Gambar-Gambar/Foto-foto Lengkap Pantai Tanjung Tinggi, Belitung

Video Pantai Tanjung Tinggi, Belitong


16 COMMENTS

  1. Indah banget, nggak ada duanya. Nggak nyangka ya, daerah Sumatera ada tempat yang seperti itu juga, sedikit mengingatkan dengan pantai di luar negeri. Begitu pula dengan jenis-jenis pepohonannya mirip dengan pohon-pohon yang ada di negara 4 musim, jadi berbeda dg jenis pepohonan yang ada di P. Jawa dan Bali. Kepengen banget ke belitung. Tapi maunya berkelompok atau bareng teman-teman jadi lebih bersemangat. Apalagi sambil menikmati ikan bakar didekat pantai, waduuuh….it’s so wonderful. Emang berwisata itu menyenangkan, membuat hidup lebih bersemangat.

    Terima kasih ya artikel ini, jangan bosan-bosan menulis artikel wisata/travelling.

    Sukses selalu

    • Yup, Belitung ini termasuk salah satu tempat wisata favorit saya karena indah banget dan penduduknya yg ramah2… Tanjung Tinggi ini juga menurut saya termasuk salah satu pantai terindah di Indonesia

  2. sumpah keren banget tuh pantai, pengen banget nih kesana. kira2 ada informasi tentang harga penginapan atau tempat wisatanya gak nih?? ^^

    SALAM,

    kunjungan balik yaa ^^

    • @Jimmy
      siap boss…
      permainan gak ada karena masih alami, guide kebetulan gak ada info krn saya jalan sendiri..
      Hotel di Tanjung Pandan harga 50.000-250.000 silakan dipilih karena banyak… gw lupa hotel gw apaan kmrn, ntar gw inget2 dulu yak… lagian ntar ada artikel selanjutnya kok ttg Belitung (masih draft) yg akan gw ungkap semuanya hehehe…

    • @Covalimawati
      coba hubungin Mas Erwin di 081929777074 mbak, dia sewa mobil yg kami pakai kemarin di Belitung, cuman saya lupa rincian tarifnya… :)

  3. mas Puppy, mau nanya dong. kalau ke Belitung efektif kira-kira “cuma” 2,5 hari sudah puas belum ya main2nya? Atau kurang waktunya? trus, di Bangka-nya itu sendiri ada spot2 menarik ga sih? makasih yaaa… :)

    • @Chocky,
      Kalau saya kemarin berangkat Sabtu pagi, pulang Senin Pagi… berarti 2 hari pas.. cukup2 aja sih… asal ke spot2 yg paling menarik aja…
      Kalau di Bangka saya belum pernah mas… katanya sih di Pantai Parai atau mana gitu…

  4. Well dah pernah maen ke Tanjungtinggi yaa…? punya kenangan tersendiri ya tentang Belitung.
    salam kenal saya asli orang Belitung, terus terang saya sangat senang membaca positing diatas

    • @Billiton Island
      yup… pemandangan Belitung itu cantik plus penduduk yang ramah… tinggal pertahankan/tingkatkan aja sih :D

Leave a Reply