Jul 292011
 

Pulau Karang Atol Spermonde di sekitar Makassar

“All journeys have secret destinations of which the traveler is unaware.” – Martin Buber

Makassar, yang dulunya bernama Ujung Pandang, merupakan ibukota Sulawesi Selatan. Banyak rahasia-rahasia tersembunyi di wilayah Makassar dan sekitarnya yang baru saya ketahui setelah berkunjung ke kota ini, misalnya di sekitar Makassar terdapat gugusan karang atol yang sangat indah, masih adanya suku kanibal, dan lain sebagainya. Mari kita “kelupas” kota anging mamiri ini.

Tempat Wisata Menarik

Bantimurung

Kawasan ini merupakan kawasan pelestarian kupu-kupu. Di dalam kawasan ini terdapat museum kupu-kupu. Gerbang masuknya pun berbentuk kupu-kupu raksasa.

Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati air terjun yang indah. Di air terjun ini, biasanya para pengunjung berenang di aliran sungainya dengan menyewa ban karet.

Lokasi Bantimurung dekat dengan Bandara Hasanuddin, sehingga untuk yang ingin melakukan short trip di Makassar merupakan pilihan yang tepat. Biaya masuk Air Terjun Bantimurung ini adalah Rp10.000. Menurut informasi penjaga tiket, Air Terjun Bantimurung ini buka 24 jam.

Air terjun Bantimurung

Air Terjun Bantimurung

Cara menuju kesana:

- Naik ojek dari Bandara Hasanuddin ke Jalan Raya Daya – Maros (Rp10.000, tawar!)

- Angkot (atau di Makassar disebut Pete-pete) di Jalan Raya Daya-Maros menuju ke Pasar Sentral Maros yang beroperasi dari jam 6 pagi -10 malam. Dari Bandara ke Pasar Sentral Maros dapat ditempuh selama kurang lebih 30 menit (Rp4.000).

- Dari Pasar Sentral Maros dilanjutkan dengan ganti Angkot/Pete-pete lagi menuju ke Bantimurung selama 30 menit. Pete-pete ini beroperasi dari jam 6 pagi – 6 sore (Rp.5000).

Maros

Kabupaten Maros ini menyimpan potensi wisata yang sangat menarik. Di sini terdapat perbukitan kapur yang mirip di Phi-Phi atau Raja Ampat. Bedanya tentu saja perbukitan di Maros ini tidak dikelilingi lautan, melainkan dikelilingi daratan, sungai, dan perkampungan penduduk. Di Maros juga terdapat taman prasejarah Leang-leang yang menggambarkan kehidupan masyarakat jaman dulu. Di dalam Goa Leang-leang terdapat gambar telapak tangan, gambar orang menggembala kerbau, dan lain sebagainya. Konon katanya, di jaman sekarang,  masih terdapat suku kanibal di suatu tempat di Maros ini!!!

Maros
Perbukitan kapur di Maros

Cara menuju kesana:

Sama dengan cara menuju ke Bantimurung di atas, hanya saja tidak perlu sampai ke lokasi air terjun/pelestarian kupu-kupu.

Pantai Losari & Fort Rotterdam 

Pantai Losari  dan Fort Rotterdam terletak saling berdekatan di pusat kota Makassar. Pantai Losari ini menjadi magnet bagi para pelancong dan anak muda untuk berkumpul dan mengekspresikan diri. Banyak deretan penjaja makanan khas Makassar seperti Pisang Epe, Pallubasa, dan lain sebagainya.

Fort Rotterdam merupakan benteng peninggalan kolonial yang masih terawat sampai sekarang. Tempat ini juga sering dimanfaatkan untuk berburu sunset. Asal jangan kesorean aja datang ke sini, karena jam 6 sore sudah tutup.

Fort Rotterdam
Patung Hasanuddin di depan Fort Rotterdam

Cara menuju kesana:

- Dari Bandara/Jalan Raya Maros – Daya, menggunakan Pete-pete selama 1 Jam ke Terminal Daya (Rp5.000)

- Kemudian, ganti Pete-pete lagi dari Terminal Daya ke Karebosi selama 30 menit (Rp4.000)

- Dari Karebosi, tinggal lanjutkan perjalanan yang diinginkan, apakah ke Pantai Losari, ke Fort Rotterdam, ke Jalan Jampea yang terkenal dengan penginapan murahnya, atau malah jalan-jalan di sekitar Karebosi yang juga merupakan pusat keramaian Kota Makassar. Untuk ke tempat-tempat di atas bisa menggunakan jasa becak yang banyak ngetem di sekitar Karebosi (Rp10.000-15000)

Kepulauan Spermonde 

Di dekat Makassar terdapat gugusan pulau-pulau kecil yang disebut Kepulauan Spermonde. Pulau-pulau ini meskipun dekat dengan kota besar seperti Makassar, bahkan beberapa amat sangat dekat dengan Makassar, namun keindahan pantai dan alam bawah lautnya benar-benar masih luar biasa indah,  Sebut saja Pulau Samalona, Pulau Koddingare Keke, Pulai Badi, Pulau Kayangan, Pulau Lae-lae, Pulau Kapoposang, dan pulau-pulau lainnya.

Spermonde
Kepulauan Spermonde

Cara menuju kesana:

Di depan benteng Fort Rotterdam terdapat pelabuhan kecil tempat berlabuh kapal-kapal tradisional yang dapat mengantarkan kita ke sana. Biasanya, beberapa pemilik kapa akan memanggil-manggil kita ketika kita berjalan di sepanjang jalan di depan Fort Rotteram, tawar saja harganya.

 Tanjung Bira

Pantai ini sebenarnya berada di Bulukumba, 6 jam dari Makassar. Namun jika ada waktu, tak salah mengunjungi pantai dengan pasir putih yang sangat lembut seperti tepung ini. Artikel tentang Tanjung Bira dapat di baca di sini.

Tanjung Bira
Pantai Tanjung Bira

Tana Toraja

Tana Toraja terkenal dengan upacara pemakaman yang sangat unik. Kuburannya tidak berada dalam tanah, melainkan di taruh di dinding-dinding dan di tempat lain yang tidak biasa kita lihat. Pastikan datang pada bulan-bulan Juni – Desember, atau cari info dulu kapan ada upacara kematian, karena upacara ini tidak diadakan setiap saat. Orang yang meninggal biasanya disimpan dan diawetkan dulu di kamar sampai upacara dilaksanakan. Jika saatnya tiba, jenazah-jenazah mumi yang diawetkan tersebut akan dimakamkan secara massal dengan menyembelih ratusan kerbau disertai dengan ritual-ritual lainnya.

Tempat Wisata Lainnya

Makassar telah berkembang menjadi kota modern. Di sini terdapat Trans Studio, indoor theme park pertama di Indonesia. Di Makassar juga telah berdiri mall-mall dan klub malam yang cocok bagi penggemar wisata urban. Masih banyak tempat wisata lainnya yang mungkin dapat Anda pilih sesuai dengan waktu dan preferensi Anda.

Kuliner

Pisang epe

Pisang Epe adalah pisang yang dipenyet-peyet kemudian di bakar dan di olesi semacam fla di atasnya. Pada awalnya, fla untuk pisang epe terbuat dari gula merah, namun belakangan pilihan rasanya lebih bervariasi, selain gula merah juga ada rasa durian, keju, dan lain sebagainya. Untuk mencari penjual pisang epe ini tidaklah sulit. Di sepanjang jalan Losari dan jalan-jalan lainnya banyak pedagang yang menjajakan pisang epe ini.

Coto Makassar & Pallubasa

Sekilas agak susah membedakan Coto Makassar dan Pallubasa. Rasanya sangat mirip. Bedanya adalah Coto Makassar disajikan dengan ketupat, sedangkan Pallubasa disajikan dengan nasi. Selain itu, kuah Pallubasa juga ditambah parutan kelapa goreng untuk menciptakan aroma yang khas.

Sate Mase-Masea

Konon, warung sate Mase-masea ini adalah warung sate terlezat dan tertua di Makassar. Penjualnya saja sudah sampai dengan keturunan generasi ke-8. Lokasinya ada di Jalan Bandang dan di Gunung Latimojong.

Sate Mase-Masea di makassar
Sate Mase-Masea yang katanya paling enak di Makassar

Nyuknyang Sentosa

Nyuknyang kalo orang biasa menyebutnya adalah bakso atau bakwan Malang. Nyuknyang Sentosa di Jalan Penghibur dekat Losari ini merupakan kios nyuknyang tertua dan (katanya) terlezat se-Makassar.

Nyuknyang Makassar
Nyuknyang ato Bakso di resto Sentosa, Makassar

Penginapan

Mencari penginapan bukanlah sesuatu yang sulit di kota sebesar Makassar. Anda dapat mencari di sekitar Losari dan Jalan Jampea. Tarifnya tentu saja bervariasi, mulai dari Rp75.000/malam, Rp150.000/malam, dan seterusnya. Manfaatkan saja kebaikan hati Google untuk mencari hotel-hotel ini sesuai dengan keinginan Anda.

See you di trip-trip berikutnya… *smooch*

Gambar-gambar Lengkap Makassar


  8 Responses to “Menjelajah Makassar, Sulawesi Selatan”

  1. Sayangnya tentang suku kanibalnya tidak banyak diungkapkan, apakah benar masih ada atau hanya fotonya sebagai bukti…

    • @zams
      Betul… Masih perlu penelitian mengenai suku kanibal ini karena gw juga baru tau (katanya) masih ada suku kanibal di Maros dari salah seorang teman yang tinggal di Makassar

  2. Saya mau tanya, anda dapat info dari mana tentang kekeberadaan suku kanibal di Maros?????, saya orang maros tulen, dan sampai saat ini belom pernah mendengar bahwa ada suku kanibal di maros …

    • @Pustaka Sekolah
      kata temen saya orang Makassar yg ngajakin saya jalan2 seputar Makassar. Namanya “katanya” bisa jadi benar bisa jadi salah kan mas ya? :)
      btw terima kasih infonya lho mas, jadi pembaca sekarang bisa menyimpulkan sendiri… apakah percaya ama yg namanya “katanya” atau percaya sama mas yang asli Maros :)

  3. mas, infonya sangat brmanfaat
    izin copas y utk refrensi di makassarnya..
    salam kenal

  4. infonya lengkap (y)

  5. ada info soal Rammang-rammang ga?
    transportasinya dari makassar dan sewa perahu menyusuri sungai di rammang2

 Leave a Reply

(Wajib Diisi)

(Wajib Diisi)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>