Selayar, Layar yang Belum Terkembang

6

Takabonerate

Apakah anda tahu Indonesia memiliki karang atol terbesar ketiga dunia? Ya, saya juga baru tahu setelah berkunjung ke Selayar ini. Takabonerate merupakan karang atol terbesar ketiga di dunia setelah Kwajifein di Kepulauan Marshal dan Suvadiva di Kepulauan Moldiva. Saya bisa membayangkan betapa indahnya tempat ini. Namun sayang sekali, akses ke tempat ini sangat susah. Anda harus naik kapal kayu selama 8 jam, atau pilihan lainnya adalah dengan menggunakan speedboat yang sewanya lumayan mahal. Tapi jangan khawatir. Jika Anda ingin ke tempat ini, di sekitar bulan Oktober (yang katanya bebas dari Angin Timur dan Angin Barat), diadakan Ekspedisi Takabonerate. Karena saya tidak pernah ke Takabonerate karena alasan jauh, susah, dan mahal untuk ukuran saya tadi, gambar-gambar Takabonerate yang bukan milik saya ini mungkin bisa sedikit menghibur… atau malah bikin sedih karena tidak bisa kesana?

Atol reef
Contoh Karang Atol di Makassar (bukan di Takabonerate)

Pantai Barat Selayar

– Pantai Baloiya

Pantai ini (katanya) ramai dikunjungi saat hari libur. Pantai yang berpasir (agak) putih ini bisa dijadikan alternatif bagi yang suka berenang di pantai karena airnya yang tenang (kecuali pas Angin Barat).

Di pantai ini juga terdapat Selayar Dive Resort yang dikelola oleh orang Jerman. Bagi Anda yang ingin diving atau snorkeling bisa sewa peralatan di sini. Tarif sewa peralatan snorkel di Selayar Dive Resort adalah Rp40.000.

Baloiya Beach
Pantai Baloiya, dekat dengan Selayar Dive Resort

– Liang Kareta

Terumbu Karang di Liang Kareta ini masih lumayan bagus. Jenis ikannya pun juga lumayan banyak. Lokasinya pun tak jauh dari pusat kota Benteng.

Terumbu karang di Liang Kareta Selayar
Terumbu karang di Liang Kareta, Selayar

– Pulau Gusung

Saya akan dengan sok tahunya bilang kalau Pulau Gusung juga merupakan tempat yang bagus untuk snorkeling. Kenapa saya sok tahu? Karena saya memang belum sempat ke sini hahaha… Tapi dengan melihat gambar-gambar ini, saya harap Anda akan memaafkan kesoktahuan saya 😛

Baca juga:  Pantai Timang dan "Cable Car Tradisional" yang Serem

Untuk menuju Liang Kareta atau Pulau Gusung, Anda dapat menyewa kapal dengan tarif Rp150.000-200.000 dari Padang (bukan Sumatera Barat lho ya… jauh amat, Padang yang dimaksud adalah nama suatu daerah di Selayar).

Halaman berikutnya, obyek wisata di Pantai Timur, Selayar

6 COMMENTS

  1. Selayar memang daerah yang indah,,tidak heran kalo orang selayar pergi ke tempat wisata di daerah lain tidak sampai termehek – mehek (hihihi…)

LEAVE A REPLY