Tanjung Bira, Pantai Pasir Tepung

Tanjung Bira, Pantai Pasir Tepung

Tanjung Bira Beach

“I love the sea’s sounds and the way it reflects the sky. The colours that shimmer across its surface are unbelievable. This, combined with the colour of the water over white sand, surprises me every time.” – John Dyer

Inilah lokasi di mana saya menemukan sesuatu yang “nyaris sempurna”. Suatu tempat yang benar-benar jadi impian saya untuk berkunjung. Tempat ini memenuhi semua syarat yang selama ini saya inginkan, pantai pasir putih (yang benar-benar berwarna putih) lembut, laut yang berombak, underwater yang indah, dan landscape yang mengagumkan. Kenapa belum sempurna? karena katanya kesempurnaan hanya milik Tuhan, kalau saya bilang pantai ini sempurna dikhawatirkan ada yang protes hehehe…

Setelah mengecek semua website maskapai penerbangan, akhirnya traveling kali ini saya menggunakan Garuda Indonesia dari Balikpapan ke Makassar. Selain dari segi harga yang lebih murah dari maskapai lain dan kualitas yang jauh lebih bagus, waktu itu juga merupakan momen yang tak terlupakan karena bertepatan dengan penerbangan perdana dari Balikpapan ke Makassar (1 Juni 2011). Rute yang saya tempuh adalah Balikpapan – Makassar – Tanjung Bira.

Pantai Tanjung Bira Barat

Pasir putih di Pantai Tanjung Bira Barat ini sangat lembut sehingga banyak orang menyebutnya selembut tepung. Kalau kami menyebutnya selembut bedak hahaha… Pasir putihnya benar-benar putih bersih sampai menyilaukan mata kalau pas matahari sedang terik. Pasir putih ini berpadu dengan gradasi warna air laut yang biru muda dan biru tua sangat pas sekali.

Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke pantai ini (menurut saya) adalah pagi sampai siang hari. Mengapa? Karena di waktu pagi sampai siang ini, ombak lagi besar-besarnya sehingga pemandangannya lebih bagus. Semakin sore ombak semakin tenang sehingga mengurangi keindahannya. Untuk memasuki pantai ini Anda cukup merogoh uang retribusi Rp2.500 per orang dan Rp1.000 per mobil.

West Tanjung Bira Beach

Pantai Tanjung Bira Barat

Pantai Bara

Di sebelah barat Pantai Tanjung Bira Barat terdapat pantai yang tak kalah indah, namanya Pantai Bara. Dari Pantai Tanjung Bira Barat cukup jalan kaki ke arah barat sampai ketemu pantai ini. Pantainya lebih sepi dan terdapat resort yang dimiliki oleh bule. Pasir putih di pantai ini agak unik, di daratan pasir putihnya lumayan kasar seperti gula sedangkan di dalam air laut pasirnya sangat lembut seperti tepung.

Bara Beach

Pantai Tanjung Bira Timur

Di sebelah timur dekat pelabuhan penyeberangan terdapat pantai pasir putih yang bagus pula. Tapi sepertinya pantai ini “kalah pamor” dengan pantai di sebelah barat. Walaupun di tempat ini bisa jadi “kalah pamor”,  menurut saya pantai ini lebih bagus dibanding beberapa pantai lain yang sudah terkenal.

East Tanjung Bira Beach

Tanjung Bira Timur

Pulau Kambing & Pulau Liukang/Pulau Liukang Loe

Pulau paling dekat dengan Pantai Tanjung Bira adalah Pulau Liukang Loe, sedangkan Pulau Kambing agak sedikit jauh. Untuk menuju kedua pulau ini bisa menggunakan jasa sewa kapal yang ada di Pantai Tanjung Bira Barat dengan tarif Rp250.000. Sedangkan jika hanya ingin ke Pulau Liukang Loe, tarif sewa kapal yang dikenakan adalah Rp200.000.

Pulau Liukang cocok bagi Anda yang suka snorkeling. Terumbu karangnya masih lumayan bagus. Jenis karang, anemon, dan ikan lumayan banyak. Anda masih bisa melihat anemon putih, ikan nemo, dan penghuni laut lainnya.

Pulau Kambing cocok bagi Anda yang suka diving. Kebetulan saya tidak diving di pulau ini, jadi silakan cari gambar-gambarnya di internet atau bisa klik foto-foto di sini.

Liukang Underwater

Terumbu Karang di Pulau Liukang

Pembuatan Perahu Phinisi

Di sekitar Tanah Beru (yang lokasinya antara Bulukumba – Tanjung Bira) terdapat pembuatan Kapal Phinisi. Konon kapal ini mahal sekali dan pembelinya banyak yang dari mancanegara. Karena keterbatasan waktu, saya belum sempat mengunjungi lokasi ini. Tapi sudah cukup kagum dengan perahu Phinisi yang sedang “parkir” di Pelabuhan Tanjung Bira.

Phinisi Ship

Perahu Phinisi

Transportasi

1. Bandara Hasanuddin – Terminal Malengkeri

- Alternatif tercepat bisa menggunakan taksi dari Bandara Hasanuddin ke Terminal Malengkeri (tarif diatas Rp100.000.. mungkin), atau

- Bandara Hasanuddin – Terminal Daya menggunakan angkot (1 jam, Rp 5.000), Terminal Daya – Terminal Malengkeri (belum ada info :p )

2. Terminal Malengkeri – Bulukumba – Tanjung Bira

- Naik mobil Panther/APV plat kuning dari Terminal Malengkeri langsung menuju ke Tanjung Bira (Rp50.000-Rp60.000), atau

- Terminal Malengkeri – Bulukumba (Rp35.000) dilanjutkan naik angkutan umum Bulukumba-Tanjung Bira (Rp8.000-10.000), atau

- Terminal Malengkeri – Selayar naik bus, turun di Pelabuhan Tanjung Bira (Rp50.000), kemudian jalan kaki menuju ke Pantai Tanjung Bira (agak lumayan jauh) atau naik angkot (Rp1.000)

Informasi yang saya peroleh dari Google menyebutkan jarak tempuh dari Makassar ke Tanjung Bira itu 3 – 3,5 jam… Setelah mengalaminya sendiri, ternyata jarak tempuhnya itu 5-6 Jam!

Penginapan

Penginapan di sekitar Tanjung Bira ini lumayan banyak. Tapi, hampir semua nomor telepon penginapan yang saya peroleh dari Google tidak bisa ditelpon!!! Wah… Akhirnya kami inisiatif foto-foto beberapa tempat penginapan yang ada di sana dan inilah sedikit rekapnya:

- Bira Beach Hotel: (0413) 2702034, (0413) 2589057

- Wisma Bahari Indah: 085242549899

- Penginapan Harapan Maju: 085255994640

- Nusantara Cottage: 085255011345

- Anda Bungalow’s:  (0413) 82125

- Penginapan Reskiku: 081934407848

- Penginapan Tanjung Bira: 085824635570, 081934407848

- Penginapan Pasir Putih Bira: 08114201028

- Kalubimbi Cottage: 085656456853

Ada beberapa penginapan lain yang terkenal pula seperti Riswan Guesthouse, Nini Guesthouse, dan lain sebagainya. Namun saya belum memperoleh informasi nomor telepon yang bisa dihubungi.

Gambar-gambar/foto-foto lengkap Pantai Tanjung Bira


9 COMMENTS

  1. waktu ke makassar kemaren, aku ga diijinin buat pergi ke bira..karena jalanannya parah… jadi nunggu tahun depan deh, moga2 bisa

    TFS

    • iya jalanan lumayan parah, tapi gak parah-parah banget kok.. parahnya pun karena memang ada perbaikan jalan. Semoga tahun depan Hilya bisa ke sini karena ini salah satu pantai favorit saya hehehe…

  2. Mau nanya pinginapan yang tepat depan pantai namanya apa yah ? Rencana minggu ini mau kesana ????.. Trima kasih sebelumnya ????

    • @Chylo
      Maaf mas/mbak, saya kurang tahu penginapan yg menghadap ke pantai. Penginapan di Tanjung Bira yg saya tulis di atas kebanyakan tidak persis di depan pantai, tapi deket bgt dari pantai :)

      • penginapan yang persis di depan pantai nama x bira view , penginapan ini berdiri di atas tebing karang menghadap ke laut biaya semalam sekitar 300 ribuan
        (tapi sering penuh pengunjung) apa lagi menjelang weekend
        setelah melewati jalan 2 arah mentok ujung anda belok kiri hingga jalan yg terbuat dari karang laut. jika nanti anda liat rumah panggung agak tinggi dengan model serupa sekitar 6 or 8 buah itulah penginapan bira view…kantornya berada sebelum anda bertemu rumah panggung tadi (agak di depan) …tanyakan air tawar yg tersedia karena terkadang macet…

  3. apakah bisa kasih rekomendasi dari hotel yg sudah anda tulis di atas?yg mana yang paling bagus dengan kisaran budget sekitar 400 rb/malam?.. rencana saya bulan maret mau ke sana
    terima kasih sebelumnya

    • @Indra
      Maaf mas, kemarin gak Menginap di Tanjung Bira. Berangkat dari Makassar pagi, sore pulang ke Makassar lagi. Jadi maaf blm bisa kasih info penginapan recommended di Tanjung Bira :)

  4. Coba penginapan villa kampung Anda. Tarif ada yg 900rb with 2 bedroom. Ada juga yg 1,2jt with 4 bedrooms. Cp 081355111668
    Kalo di pantai bara tarifnya start dr 850rb. Cp 081342906750
    Kalo mau sewa perahu utk ngiter2 sekitar 300rb. Tp lupa di save nomor cp utk sewa perahu. Tapi banyak kokdisana yg nawarin

Leave a Reply