Pulau Samalona, Makassar

10

Cara Menuju ke Pulau ini:

1. Menuju ke Pelabuhan dari Bandara Hasanuddin

– Alternatif tercepat bisa langsung menggunakan taksi dengan tarif sekitar 80-90 ribu sampe ke pelabuhan di depan Fort Rotterdam. Hanya butuh waktu 45 menit.

– Alternatif menggunakan angkutan umum: Dari bandara naik ojek ke jalan raya Rp10.000 (kudu ditawar). Kemudian naik angkot ke arah Daya dengan ongkos Rp5.000 sekitar 1 jam. Dari Daya pindah angkot jurusan Karebosi dengan tarif Rp4.000 sekitar 30 menit. Nah dari Karebosi ke pelabuhan naik becak Rp10-15.000 menuju pelabuhan depan Fort Rotterdam.

2. Dari Pelabuhan ke Pulau Samalona

Banyak sekali jasa yang menawarkan kapal ke Pulau Samalona ini. Di jalanan depan Fort Rotterdam, biasanya mereka memanggil-manggil kita untuk menggunakan jasa kapalnya. Harga kapal antara Rp270.000 – Rp400.000 (pandai-pandai menawar aja) yang mengantarkan kita sampe ke Pulau Samalona, kemudian muter2 area terumbu karang. Pas kesana, saya dapat kapal dengan harga Rp270.000, ini katanya termurah. Sayangnya saya lupa minta contact person pemilik kapal tersebut.

Penginapan

Anda bisa menginap di dalam Pulau Samalona atau di sekitar Fort Rotterdam. Kebetulan kemarin saya menginap di Wisma Jampea di Jl. Jampea dengan tarif Rp120.000/malam.  Banyak kok hotel-hotel murah di Jalan Jampea ini.

Mistis

Wuih serem amat ada mistis-mistisnya hehehe… Jadi gini, sewaktu ke Pulau Samalona ini saya mengajak teman yang asli Makassar. Dari mitos yang ada, kalo ke pulau-pulau di sekitar Makassar ini harus mengajak anak kecil. Kalo tidak, hmmm.. (katanya) bakal terjadi apa-apa… Percaya atau tidak, saya kembalikan ke Anda 🙂

Gambar-Gambar/Foto-Foto Lengkap Pulau Samalona

10 COMMENTS

    • @Widdy, wah maaf kemarin gak sempet diving karena waktu itu cuman ngabisin waktu aja sebelum balik ke bandara. Walopun cuman snorkeling tapi keren underwaternya

  1. Wah senang sekali baca tentang Pulau samalona, kebetulan saya adalah warga Pulau lae-lae salah satu pulau terdekat sebelum pulau SAMALONA..

    Oiya barangkali masih ada yang ingin berkunjung ke pulau samalona, trus untuk memudahkan transportasinya silahkan hubungi di Nomor ini aja 0853-42046574, sekalian kami juga menyediakan jasa sewa untuk alat snorkling dan diving including dengan Perahu yang akan mengantar ke Pulau Samalona.. (TOM’S Dive Center).

    Ditunggu yach..

  2. di pulau Samalona ada penitipan barang ga kalo kita mau snorkeling? soalnya gw rencana solo trip ke sana tp ga menginap di pulau tersebut..

    • @Widhi
      Kalo barang2 gw kemarin gw taruh di kapal aja. Ada rumah di pulau itu, gak tau bisa dititipin atau nggak… 🙂

LEAVE A REPLY