Pulau Samalona, Makassar

10

Terumbu Karang

Terumbu karang di sini masih bagus. Anda dapat snorkeling dengan membawa peralatan sendiri atau dapat menyewa di dalam Pulau Samalona dengan tarif Rp50.000-70.000. Ada beberapa yang diving pula di pulau ini.

Samalona Island Underwater
Terumbu Karang Pulau Samalona

Jenis karangnya pun sangat beragam. Ada karang merah, putih, coklat, ungu, kuning, hijau… Wah seperti pelangi di dasar laut ya…

terumbu karang pulau samalona underwater

Nemo Paradise

Yup… dengan mudahnya anda dapat menyaksikan Ikan Badut (Clownfish) atau Ikan Nemo bermain-main di anemon, ada nemo hitam, ada nemo oranye, ada nemo maroon. Gambar di bawah ini mungkin dapat memperlihatkan betapa banyaknya ikan badut di sini (bercak-bercak merah di foto adalah ikan nemo).

Clownfish at Samalona Island
Ikan Nemo pacaran

Gambar di bawah ini adalah ikan badut yang berwarna oranye, ikan yang membintangi film Nemo itu lho…

Anemon Pulau Samalona
Anemon Pulau Samalona

Sedangkan gambar di bawah ini adalah ikan nemo yang berwarna hitam. Ikannya sangat narsis, pada saat saya mau mengambil foto-fotonya, bukannya mereka takut tapi malah bergaya…

Ikan Nemo Hitam
Nemo Hitam di Pulau Samalona

Banyak sekali penghuni terumbu karang lainnya di sini, misalnya Kima (karang jumbo yang bentuknya mirip bibir), Butterflyfish, Angelfish, Boxfish, Pipefish, dan ikan-ikan lainnya yang saya sendiri jarang melihat sebelumnya.

Lumba-lumba

Dari informasi yang saya peroleh, penduduk Makassar dapat melihat lumba-lumba di pulau ini pada pagi hari, yang artinya adalah Anda harus menginap semalam di Pulau Samalona. Tapi sewaktu ke sini, saya tidak menginap, yang artinya adalah saya melewatkan waktu untuk menonton lumba-lumba di alam bebas. Entah benar atau tidak di pulau ini ada lumba-lumba, silakan buktikan sendiri.

Halaman berikutnya, lokasi dan cara menuju Pulau Samalona

10 COMMENTS

    • @Widdy, wah maaf kemarin gak sempet diving karena waktu itu cuman ngabisin waktu aja sebelum balik ke bandara. Walopun cuman snorkeling tapi keren underwaternya

  1. Wah senang sekali baca tentang Pulau samalona, kebetulan saya adalah warga Pulau lae-lae salah satu pulau terdekat sebelum pulau SAMALONA..

    Oiya barangkali masih ada yang ingin berkunjung ke pulau samalona, trus untuk memudahkan transportasinya silahkan hubungi di Nomor ini aja 0853-42046574, sekalian kami juga menyediakan jasa sewa untuk alat snorkling dan diving including dengan Perahu yang akan mengantar ke Pulau Samalona.. (TOM’S Dive Center).

    Ditunggu yach..

  2. di pulau Samalona ada penitipan barang ga kalo kita mau snorkeling? soalnya gw rencana solo trip ke sana tp ga menginap di pulau tersebut..

    • @Widhi
      Kalo barang2 gw kemarin gw taruh di kapal aja. Ada rumah di pulau itu, gak tau bisa dititipin atau nggak… 🙂

LEAVE A REPLY