Pulau Samalona, Makassar

10

“Nothing lasts forever – not even your troubles.” Arnold H. Glasgow

Pulau Samalona, Makassar. Kota Makassar mempunyai banyak potensi wisata bahari yang terpendam, salah satunya adalah Pulau Samalona yang jaraknya 7 Km dari Makassar. Hanya butuh 30 menit dengan menggunakan perahu tradisional, anda sudah dapat menikmati pulau ini. Saking dekatnya, Kota Makassar dapat dilihat dari pulau berpasir putih ini.

Pulau Samalona Makassar
Saking dekatnya, Kota Makassar dapat dilihat dari Pulau Samalona

Sejarah

Dari suatu sumber menyebutkan bahwa dahulu pulau kecil ini digunakan untuk tempat pengasingan penderita kusta. Semenjak saat itu, tak banyak orang yang berani mengunjungi pulau ini. Tapi kini pulau ini menjadi tempat yang sangat ideal untuk dikunjungi karena keindahannya dan jaraknya yang dekat dari pusat kota.

Diperkirakan Hilang Tahun 2020

Luas pulau ini semakin lama semakin menyusut. Pulau ini dulu luasnya 6,7 Hektar (lihat gambar di bawah), sekarang menyusut menjadi 2,34 hektar dan akan terus menyusut. Informasi yang saya peroleh menyebutkan bahwa pulau ini diperkirakan hilang/tenggelam pada tahun 2020. Sayang ya…

Pulau Samalona
Statistik Pulau Samalona

Halaman berikutnya, snorkeling di Pulau Samalona untuk melihat terumbu karang yang indah

Baca juga:  Uniknya Pulau Batu Berlayar, Belitung

10 COMMENTS

    • @Widdy, wah maaf kemarin gak sempet diving karena waktu itu cuman ngabisin waktu aja sebelum balik ke bandara. Walopun cuman snorkeling tapi keren underwaternya

  1. Wah senang sekali baca tentang Pulau samalona, kebetulan saya adalah warga Pulau lae-lae salah satu pulau terdekat sebelum pulau SAMALONA..

    Oiya barangkali masih ada yang ingin berkunjung ke pulau samalona, trus untuk memudahkan transportasinya silahkan hubungi di Nomor ini aja 0853-42046574, sekalian kami juga menyediakan jasa sewa untuk alat snorkling dan diving including dengan Perahu yang akan mengantar ke Pulau Samalona.. (TOM’S Dive Center).

    Ditunggu yach..

  2. di pulau Samalona ada penitipan barang ga kalo kita mau snorkeling? soalnya gw rencana solo trip ke sana tp ga menginap di pulau tersebut..

    • @Widhi
      Kalo barang2 gw kemarin gw taruh di kapal aja. Ada rumah di pulau itu, gak tau bisa dititipin atau nggak… 🙂

LEAVE A REPLY