Derawan – Kakaban – Sangalaki – Maratua

Derawan – Kakaban – Sangalaki – Maratua

Ubur-ubur Kakaban

“SpongeBob is the only guy I know who can have fun with a jellyfish, for twelve hours!” – Squidward (Spongebob Squarepants)

Kepulauan Derawan yang terletak di Selat Makassar, atau lebih tepatnya di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur ini benar-benar menyembunyikan keindahannya. Bagaimana tidak, akses menuju ke kepulauan ini tidaklah mudah. Kalopun dibuat mudah, tentu saja akan merogoh kocek yang  tidak sedikit. Kalo bukan turis nekad, gw kira kita akan mikir ribuan kali untuk kesini… Mehong bener cyiiin… Tapi sebandinglah dengan keindahannya…

Derawan

Pulau ini adalah pulau yang berpenghuni. Banyak sekali penginapan, warung, dan berbagai sarana lainnya yang disediakan penduduk lokal di sini, misalnya persewaan alat snorkeling, persewaan kapal, dan lain sebagainya.

Derawan mempunyai pantai pasir putih yang indah. Hamparan pasir putihnya pun sangat luas. Cuman satu yang disayangkan, banyaknya penginapan di atas laut agak mengurangi kealamian pemandangan di sini.

Terumbu karang di Derawan banyak yang hancur. Di bom kah? Hmm… gak tau juga sih, tapi hancurnya disini benar2 sampai lembut… Mencurigakan bukan? Walaupun terumbu karang di sekitar Pulau Derawan sudah banyak yang rusak, bukan berarti habitat makhluk-makhluk bawah laut pun juga hilang. Dibanding dengan beberapa lokasi lain di Indonesia yang terumbu karangnya masih bagus, makhluk-makhluk laut di pulau ini masih lebih lumayan banyak. Tidak sulit menemukan penyu-penyu berkeliaran, dari yang ukurannya kecil sampe dengan ukuran raksasa. Dari yang liar sampai dengan yang jinak. Ikan nemo, dory, ikan kecil biru berekor kuning (entah namanya apa), angel fish, butterfly fish, dan berbagai macam ikan lainnya dapat ditemui di sini (walopun karangnya… aduh sedih banget deh ngeliatnya… hancur minah)

Derawan Turtle

Penyu Raksasa di Derawan

 

Kalo di Derawan jangan lupa snorkeling di sekitar dermaga, karena di sini dapat kita jumpai Lion Fish/Scorpion Fish, Kima (kerang raksasa), moray (belut laut), dan makhluk laut lainnya. Di dermaga pula dapat kita jumpai penyu-penyu dan ikan pari yang berseliweran. Sebenernya gak perlu jauh-jauh dari pantai bukan untuk menikmati dunia underwater Derawan?

Scorpion Fish

Lion Fish atau Scorpion Fish

 

Di dekat Derawan juga ada pulau gusung/gosong, yaitu pulau yang isinya hanya pasir saja, yang akan muncul kalo laut surut, dan akan tenggelam kalo laut pasang. Objek yang sangat menarik bagi yang suka fotografi dan narsis-narsisan karena gundukan pasir putih bersih berpadu dengan jernihnya air laut… wuih… freshhhh banget di mata… Bisa ngebayangin kan?

Pulau Gosong Derawan

Pulau Gusung Derawan

 

Kakaban

Pulau ini sangat terkenal dengan danau atau laguna yang isinya adalah ubur-ubur yang tidak menyengat (stingless jellyfish). Di dunia, ubur-ubur jenis ini hanya dapat dijumpai di dua tempat, Kakaban dan Palau, Micronesia. Membanggakan bukan?

Kakaban Stingless Jellyfish

Ubur-ubur lucu yang tidak menyengat di Kakaban

 

Penampakan danau ini memang agak menyeramkan. Suasananya mistis banget… (apa gw aja yg lebay yak?). Apakah karena agak serem ini banyak yang gak berani ke tengah danau? gw liat kebanyakan orang hanya snorkeling di sekitaran dermaga danau. Memang sih di pinggiran danau pun dapat dengan mudah kita temui si ubur-ubur ini (eh btw ubur-ubur kan tunggal ya? kalo kata jamak dari ubur-ubur apa sih? ubur-ubur-ubur-ubur  gitu?), padahal semakin kita ke daerah tengah danau, semakin banyak ubur-ubur dan semakin jernih pula airnya.

Pantai di Pulau Kakaban memiliki pasir putih yang sangat lembut. Di sekitaran dermaga pula dapat kita jumpai terumbu karang yang masih lumayan bagus dengan biota laut yang sangat banyak jumlah dan ragamnya.

Snorkeling di Kakaban

Pemandangan bawah laut Pulau Kakaban

 

Menurut informasi, di sini masih ada Kepiting Kenari yang besarnya na’udubile yang suka manjat pohon kelapa dan dengan capitnya dia ngelupasin kelapa itu… Awesome kan…?

Sangalaki

Pulau tak berpenghuni ini (lebih tepatnya hanya dihuni petugas konservasi penyu sih) memiliki pantai yang sangat indah. Di sekitar dermaga, kita dapat berenang dengan air laut yang sangat jernih dan pasir putih yang benar-benar bersih tanpa karang dan rumput laut atau ganggang… Ritual lompat-lompatan dari atas dermaga pun dapat kita lakukan di sini. Agak menjauh dari bibir pantai baru dapat kita temui gugusan terumbu karang dengan berbagai macam jenis ikan.

Sangalaki Beach

Pantai pasir putih Sangalaki

 

Di Sangalaki pula terdapat penangkaran penyu semi alami. Maksudnya adalah induk penyu yang menetaskan telornya terlalu dekat dengan laut, akan membawa dampak buruk hanyutnya telor-elor tersebut. Kalo hanyut gak jadi menetas donk? yang ada malah jadi telor asin karena direndam ke air laut yang asin hehehe… Makanya,  telor-telor tersebut dipindahkan ke lokasi yang agak jauh dari bibir pantai biar tukik-tukiknya bisa menetas dengan aman.

Sangalaki Turtle Conservation

Anakan penyu (tukik) yang baru lahir

 

Di sekitaran Sangalaki ini juga ada Ikan Manta lho. Itu tuh ikan yang mirip ikan pari yang mengepakkan “sayap”-nya yang lebar banget itu. Tapi kemarin karena kita pake tour yang superreguler-ewer-ewer ya gak dimampirin ke daerah manta deh… huuu… penonton kecewa..

Maratua

Di pulau ini banyak didirikan resort. Dan sepertinya, dilihat dari penampakannya sih resort-resort yang eksklusif gitu.  Dan sepertinya pula gak ada penginapan murah di sini. Mau nyoba?

Pulau Maratua

Resort yang ada di Pulau Maratua

 

Di pulau ini konon terdapat suatu spot konferensi penyu seluruh dunia (agak lebay gak sih? yah begitulah setidaknya cerita yang gw denger dari penduduk lokal). Maksudnya adalah, banyak spesies penyu yang berasal dari berbagai negara bertemu di suatu lokasi dekat Maratua. Nah loe, mereka naik apa ya ke sini???

Maratua juga dikenal dengan dunia bawah laut yang sangat indah. Jadi pulau ini cocok banget bagi yang suka snorkeling dan diving. Sayang seribu sayang,  sekali lagi gw pake tour yang amat sangat reguler itu jadi gak banyak yang ter-explore di sini heuheuheu… Eh, Maratua gak cuman surga underwater lho, kita juga dikasih bonus lumba-lumba di permukaan lautnya… Hmm…

Untuk melihat seluruh Gambar-gambar/Foto-foto Derawan, Kakaban, Sangalaki, Maratua dapat di-klik di sini.

Tips:

Kalo ingin sekedar ke Derawan liat pantai-pantai indah, renang sama ubur-ubur, snorkeling dengan spot yang bisa dikatakan standar, pilihan menggunakan travel agent/tour akan lebih tepat karena harganya yang relatif murah.

Tapi kalo anda suka tantangan, nyari spot-spot yang di luar kata biasa, ingin mengejar ikan Manta, dan keluarbiasaan lainnya, mendingan pake jasa penduduk lokal yang lebih tau kawasan ini (dengan harga yang sedikit agak mahal tentunya).

Sinyal ponsel tersedia di sini, setidaknya nomor saya XL dan Indosat, dan nomor temen saya Telkomsel. Tapi ya sinyal sekedar buat telpon & sms, sinyal GPRS buat ngenet susah banget cyiin.. kadang nongol kadang enggak..

Damage cost:

Tiket Pesawat (PP) = Rp 700 ribu-an (Balikpapan-Tarakan), Rp1,4 juta-an (Jakarta-Tarakan)

Airport Tax 2011 = Rp 40.000 (Sepinggan Airport, Balikpapan dan Soekarno Hatta Airport, Jakarta), Rp 30.000 (Juwata Airport, Tarakan)

Taksi Bandara Juwata ke Pelabuhan Tengkayu, Tarakan = Rp50.000

Jasa Tour (makan, penginapan, speedboat, pelampung) = Rp700 ribu-900 ribu (tergantung penginapan mau yang bagus atau tidak)

Sewa alat snorkeling = Rp40ribu/hari

Contact Person:

Sila dipilih, mau pake tour ato mau pake penduduk lokal, atau malah pengen ngatur trip sendiri? Monggo.. Puppy cuman bantu kasih alternatif pilihan aja…

Pak Sanusi (penduduk lokal, punya banyak boat, pemilik Sari Cottage, walopun namanya pake kotej-kotejan tapi penginapan ini lumayan murah lho padahal penginapannya di atas laut, tanya aja sama beliau langsung) = 081346538448

Pak Usmar (penginapan) = 081347807078

Hendrik (sewa boat) = 081346531978

Pilihan tour&travel agent = Lagenta Tour, Kakaban Tour (kakabantravelservices.blogspot.com), Zebaoth Tour (zebaotheo.blogspot.com), dan lain sebagainya

PS: Kalau ingin melihat betapa besarnya penyu hijau di Derawan, coba lihat video dibawah ini!


21 COMMENTS

  1. berarti dari Tarakan udah ikut paket tur itu ya?

    aku mau rame2 ama temen2, bener gak kalo boat yang dari tarakan ke derawan itu bisa buat 15 orang?

    tenkyu!

    • tergantung… banyak boat yang ukurannya beda2.. ada yg cuman muat 6 orang, ada yg muat 15 orang, ada yg muat hampir 50 orang… Kalo CP yang ini saya gak tau ya karena saya pake tour kesininya

  2. maksudnya ke derawan my dari bandara Juwata, tarakan bisa langsung atau gmn? naik taksi aja ya aksesnya? boleh minta info detail nya aku mau kesana ni tgl 17 ini

    • @Maria
      Rutenya Bandara Juwata – Pelabuhan Tengkayu = Naik taksi/omprengan, gak ada angkutan umum
      Pelabuhan Tengkayu – Derawan = Naik speedboat

    • @Maria
      saya pakai tour agent, jadi semua urusan makan, penginapan, transport dari Tarakan ditangani sama tour agent. Jadi kita tinggal duduk, ikutin instruksi, trus menikmati jalan2 deh hehehe…

    • @Yulie
      Kalo harga makanan standar warung2 biasa kok, kecuali makan di resort ya harganya bule hehehe…
      Aku belum coba paket diving, baru yang paket standar. Mungkin bisa hubungi contact person di atas?

    • @Diah
      Betul sekali. Karena banyak prosedur yang harus diketahui oleh para diver. Beda ama snorkeling yang tidak memerlukan sertifikat..

  3. hi, aku boleh tanya2 gak..kemarin paket dari tarakan untuk berapa hari dan harganya berapa?
    saya rencana maret ini mau kesana bertujuh. klo mau ambil paketan yg kya dirimu berapa ya?klo saya mah cari yg murah2 aja yg penting bisa tidur dan bisa rebahan. hehehe. mohon infonya yaaa.
    thanks.

    • @Nita
      gw paket dari Tarakan 850ribu dah termasuk semuanya, makan, penginapan, kapal. Berangkat Jumat siang pulang Minggu pagi. Efektif muter2 pulau cuman Sabtu. Kurang puas sih sebenarnya karena terlalu singkat

  4. nama sy yudi, sy lahir di tanjung redeb, kab berau,, kebetulan sy hoby diving,,hampir setiap bulan ke derawan dan sekitarnya,,, klu mau info ttg derawan, boleh sy bantu hub aja sy 085386749101

  5. Nah mbak/mas, kebetulan banget saya mau nanya…kalo saya dari medan bisa mohon di beritahukan rutenya, misalnyq medan-jkt, trus kemana lagi ???, jika gak keberatan mohin infonya ke pulau masing” juga, bagaimana menuju ke sana?, soalnya sy ada baca sebuah artikel agak membingungkan, mestu naik mobil rental, trus costnya jd berjuta” dan makan waktu berjam” gt, busyet kalo ampir ngabisin waktu 20 jam, sy kurang jelas sm imfo yg di berikan, jd sy mau minta tolong di infokan perjalanan melalui udara setidaknya bagaimana setelah sy tiba di soekarno hatta int airport, terima kasih mbah/ mas…

    • @Ira
      Dari Jakarta bisa ke Tarakan dulu trus ikut tur ke pulau-pulau di sekitar Derawan yang sudah saya sebutkan di artikel
      Jadi rutenya mungkin seperti ini: Medan – Jakarta – Tarakan – Derawan :)

Leave a Reply