Trip ke Kepulauan Seribu Utara (Pulau Kelapa, Pulau Harapan, dan Sekitarnya)

31

“We shall defend our island, whatever the cost may be, we shall fight on the beaches, we shall fight on the landing grounds, we shall fight in the fields and in the streets, we shall fight in the hills; we shall never surrender.” – Winston Churchill

Kepulauan Seribu Utara, Jakarta. Mungkin sebagian besar sudah pernah ke Kepulauan Seribu baik yang di Pulau Pramuka dan sekitarnya, maupun di Pulau Tidung dan sekitarnya (yang belum pernah, cobain dulu kali ya, sudag pernah diulas di sini). Kali ini saya mau bagi-bagi pengalaman jalan-jalan ke Kepulauan Seribu bagian utara yang pusatnya di Pulau Kelapa-Pulau Harapan. Masih sedikitnya pengunjung di sini menjadi nilai plus bagi saya. Benar-benar tempat wisata yang damai.

Kepulauan Seribu utara ini banyak sekali pulaunya, tapi banyak pula yang sudah menjadi resort alias berbayar!

Jangan khawatir karena ada beberapa pulau yang masih gratis kita singgahi.

Perjalanan

Seperti biasa kami berangkat dari Bintaro. Agak terlalu lebay sebenarnya kami berangkat pukul 04.00 pagi. Habis pengalaman sebelumnya ketika long weekend tiba, kapal ke Kepulauan Seribu selalu penuh banget. Gepeng lah badan ini berdesak-desakan hehehe…

Naik taksi dari Bintaro bisa kena Rp200ribu-an lebih, ya udah akhirnya kami charter angkot saja Rp150.000 (atau Rp 170.000 kalo termasuk bayar tolnya) dari Bintaro untuk menuju ke Muara Angke. Pukul 05.15, sampailah kami di Muara Angke. Di luar perkiraan kami, ternyata tak seramai yang kami kira sebelumnya. Mungkin karena hari itu bertepatan dengan Hari Natal jadi banyak yang memilih merayakan Natal bersama keluarga kali ya?

Kru kapal yang ke Pulau Pramuka bertanya ke kami, mau kemana? Kami jawab mau ke Pulau Kelapa. Dia menawarkan ke kami untuk mengantarkan ke Pulau Kelapa dengan biaya Rp40.000. Jelaslah kami tolak, karena kami sudah tahu bahwa ongkos kapal ke Pulau Kelapa hanya Rp35.000. Akhirnya, setelah negosiasi, mereka pun setuju kami bayar Rp35.000 untuk mengantarkan kami ke Pulau Kelapa.
Kapal berangkat meninggalkan Muara Angke pukul 06.26. Setelah transit ke Pulau Pramuka dan Pulau Panggang, sampailah kapal kami di dermaga Pulau Kelapa pada pukul 10.00 atau kira-kira butuh waktu 3,5 jam. FYI, kapal yang sebenernya dari Muara Angke ke Pulau kelapa ini berangkatnya setelah kapal yang kami tumpangi ini . Intinya adalah, kalo mau ke Pulau Kelapa bisa naik kapal ke Pulau Kelapa atau kapal ke Pulau Pramuka. Tinggal nego aja hehehe..

Jadwal:

Day 1: Bintaro – Muara Angke – Pulau Kelapa – Pulau Harapan – Pulau Papa Theo – Pulau Putri – Pulau Perak – Pulau Panjang Kecil

Day 2: Pulau Bulat, Pulau Semut, Pulau Tongkeng, Pulau Kayuangin Bira, Pulau Bira Besar, Pulau Belanda, Pulau Putri Barat

Day 3: Pulau Kelapa – Muara Angke – Bintaro

Halaman berikutnya, daftar pulau-pulau di Kepulauan Seribu Utara

Baca juga:  Surfing diΒ Sawarna,Β Banten
1
2
3
4
5
6
SHARE

31 COMMENTS

  1. wow…informasi yg oks bgt…like this…! kpn ane bisa berkunjung ke pulau ini ya ?
    salam kenal…, ane tgu kunungan baliknye di lapak ane…
    sukses u kita semua.. πŸ™‚

  2. mau nanya ya… kalo snorkeling sekitar pulau harapan, bagusnya di pulau apa aja? trus balik ke muara angkenya di jemput di pulau harapan lagi? jam brp? thx..

    • @Lamy
      kalo menurut gw sih snorkeling di sekitar pulau Harapan biasa aja, gw lebih suka pemandangan bawah lautnya Pulau Air. Keunggulan Pulau Harapan dan sekitarnya menurut gw lebih ke pantainya yg lebih bagus dan suasana yang masih lebih sepi

  3. aku mau tanya dong,
    rencananya minggu depan mau berangkat juga ke pulau harapan.

    kayanya mau carter angkot jg biar ngirit ongkos,
    boleh tau ga rute nya mana aja ?
    kebetulan nnt berangkatnya sekitaran ciputat πŸ™‚
    thx ya

    • @Mega
      waduh rutenya gak hapal mbak… tanya sopir angkotnya pasti tau deh… yg jelas kalo berangkat pagi gak perlu lewat tol karena belum macet

  4. mas mau nanya contact penginapan yg pak rambo itu,, ad no. hp nya gak? rencana saya minggu ini ke pulau kelapa..makasih

  5. ada foto penginapannya gak mas?
    kalo gw cuman pengen 2D1N dan hari pertama mau dipake buat snorkeling, enaknya ke pulau mana aja ya?trus kalo hari minggu,kapal dr harapan-angke adanya jam brapa?thankyu

    • @windoet
      wah penginapannya gak sempet saya foto, yah tipikal rumah biasa gitu deh gak istimewa tapi gak jelek juga. Ke pulau mana aja mungkin bisa dipilih dari pulau-pulau di atas. Gak bisa merekomendasikan karena belum menjelajahi semua, dan yang saya kunjungi kemarin tempat snorkelingnya biasa aja, pantai2 nya yg bagus. Di pulau panjang katanya ada lokasi ikan nemo. Yang terkenal buat snorkeling sih Pulau Kotok. Untuk kapal, denger2 sekarang dibatasin jumlah penumpangnya, jadi makin pagi makin bagus.

    • @Guntur
      dengan Pak Rambo yg sudah saya tulis di artikel di atas Mas… dia bisa bantuin nyari kapal πŸ™‚

  6. wow great web. thanks for the info. anyway, kalau ke kepulauan seribu musim ujan gini bahaya ga sih? takut kejebak badai di tengah laut hehe

    • @Syifa
      oke aku tambahin pengalamanku tentang hujan di Kepulauan Seribu ya…
      1. Kami pernah di tengah laut hujan deras banget pada saat penyeberangan Kepulauan Seribu ke Jakarta. Kapal berhenti di tengah lautan dengan kondisi cuaca buruk dan hujan sangat deras. Entah karena kapalnya macet atau kapal tidak kuat menerjang hujan atau nahkoda sudah tau apa yang harus dilakukan di saat hujan lebat di tengah laut. Sampai sekarang saya belum tau pasti, yang jelas semua penumpang panik dan pada berdoa waktu itu. Dan syukur tidak terjadi apa2… Dan kami juga gak kapok juga ke sana berkali-kali..
      2. Walaupun di Jakarta hujan, di Kepulauan Seribu belum tentu hujan. Bahkan bisa jadi di Kep. Seribu sangat cerah
      3. Walaupun di Kep. Seribu pada malam hari hujan, bisa jadi siang hari cerah
      Itulah pengalaman saya jalan2 di Kepulauan Seribu yang berhubungan dengan hujan. Jadi yakinkan diri dulu aja pergi atau tidak.
      Kalau saya sudah niat jalan2 sih biasanya selalu yakin, Semua saya serahkan kepada Yang Diatas, toh yang ngatur hujan Yang Diatas. Itu saja sih prinsip saya.
      Selamat jalan2 ke Kepulauan Seribu πŸ™‚

    • @Reihan
      boleh aja kalo kesana lagi…
      Tapi kalo saya kesana lagi, kayaknya tidak dalam waktu dekat karena saya sudah tidak di Jakarta lagi πŸ™‚
      Kalau mau kesana sendiri, hubungin Pak Rambo aja.. nomornya sudah saya tulis di atas…

    • @Dara, dulu di Pulau Semut kami snorkeling, jadi gak tau ada sinyal gak di sana. Tapi setau saya, di Kepulauan Seribu sinyalnya lancar2 saja… saya gak pernah mengalami masalah sinyal hape… πŸ™‚

    • @xtyo
      wajar sih bro, itu pulau dikelola resort.. ke situ kudu ijin dulu atau paling gak bertransaksi di situ… kmrn kita datang2 tanpa ijin langsung ngepantai berasa pulau nenek moyang sendiri aja hehehe…

  7. mau nanya penginapan yang murah meriah ada ga, buat ala bacpack aja, soal nya ke pulau harapan cuma bertiga aja,

    • @Riky
      Tanya Pak Rambo dgn nomor di atas aja masbro. Beliau sepertinya bisa nyediain penginapan murah kok πŸ™‚

  8. ini yg perahu hopping island itu per orang dikenakan biaya 300 ribu atau 1 kapal disewa udah full 300rb bwt 1 grup?

    trims ^^

LEAVE A REPLY