Sep 142010
 

Pantai Gunung Kidul/Pantai Wonosari

“Life is a tide; float on it. Go down with it and go up with it, but be detached. Then it is not difficult.” ~ Prem Rawat

Kali ini kita akan jalan-jalan ke pantai-pantai di selatan Wonosari, Gunung Kidul, Jogja. Pantai-pantai dengan ombak yang sangat menakjubkan, pasir putih yang indah, dan biota laut yang lucu unyu-unyu. Cerita perjalanannya karena berangkat dari Solo, dapat dipastikan menganut faham Lazy Traveling yang “tanpa cerita” seperti seri-seri Lazy traveling yang lain. Yang penting, sekali lagi, adalah: TUJUAN.

Banyak wisatawan yang menuju wonosari melalui Jogja karena memang berangkat dari Jogja. Nah, Kalo saya berangkat dari Solo. Kalo dari Solo, Jalur lewat wonogiri lebih cepat karena hanya memakan waktu 3 jam, dibandingkan jika dari Solo lewat Jogja bisa 3,5jam.

Kalo kata orang jalanan menuju kesini mengenaskan, itu benar2 sudah ketinggalan jaman. Jalanan disini sudah halus. Untuk menuju satu pantai ke pantai lainnya juga sudah halus, kecuali untuk menuju pantai2 tertentu memang belum aspal, itupun juga paling 50-100 meter doank.

Manakah urut-urutan pantai yang akan kita kunjungi terlebih dahulu?

Urut-urutan Pantai Wonosari dari  Barat ke Timur: Pantai Baron – Pantai Kukup – Pantai Sepanjang – Pantai Drini – Pantai Krakal – Pantai Sarangan – Pantai Sadranan – Pantai Ngandong – Pantai Indrayanti – Pantai Sundak – Pantai Pok Tunggal

Ke arah Timur lagi dengan jarak yang lumayan jauh ada Pantai Timang, Pantai Siung, dan Pantai Wediombo

Ke arah barat Pantai Baron, terdapat pula 3 pantai yang indah yang lebih sepi namun dengan jalur yang agak berbeda dengan pantai-pantai di atas, yaitu Pantai Ngrenehan, Pantai Ngobaran, dan Pantai Nguyahan (cerita selengkapnya mengenai 3 pantai ini bisa dilihat di sini).

Jangan khawatir, banyak plang-plang penunjuk jalan ke masing-masing pantai, kecuali Pantai Timang. Asal tau pantai apa saja yang akan kita kunjungi, pasti ketemu kok kalo kita cari dengan jeli. Jalannya pelan-pelan saja karena plang papan petunjuk ini kecil banget. Saya aja sering kelewat ngelihatnya. Kalo masih tersesat juga tanya-tanya penduduk sekitar deh. Tapi wajib diingat, kadang orang Jawa paling susah mengukur jarak. Kalo dia bilang jalan masih 4Km berarti itu bisa jadi masih 10Km hahaha…

Ini urut-urutan pantai yang saya kunjungi:

1. Pantai Wediombo

Wediombo Beach

- 07.09, Berangkat dari Solo

Jalur yang saya pakai yaitu, dari Solo – Bekonang – Sritex – Weru – Watukelir – Semin – Karangmojo – Giripanggung – Piji – Jepitu – Pantai Wediombo. Dari Solo ke Wonosari jalanan datar mulus, tapi begitu dari Wonosari menuju ke pantainya…Dimulailah petualangan jalan menanjak yang berbukit-

bukit..bikin keder?iya, tapi terobati dengan pemandangan batu2 karang bukit begitu indah.

- 10.06, Sampai ke Pantai Wediombo

Masuk bayar 1 mobil isi 8 orang Rp28.000. Pantainya pasir putih panjang, ombak besar dan rata

- 11.11, Makan siang di jam2 cantik

Mau makan pecel ndeso? atau mau makan ikan laut? sama-sama murah..Ato kalo berani makan belalang goreng? ada lho di Wonosari.

- 11.38, Cabut dari Wediombo menuju Indriyanti

2. Pantai Indriyanti atau Pantai Indrayanti

Indriyanti Beach

- 12.19, sampai ke Pantai Indrayanti

Ini pantai di pinggir jalan, jadi kadang gak nyadar gitu aja kalo ini pantai punya nama, Indrayanti. Bisa-bisa kelewat gitu aja. Pasirnya mirip pasir di Pantai padang-padang Bali, tapi ombaknya mirip dreamland Bali. Super!

- 12.35, Cabut dari Indriyanti menuju Krakal

3. Pantai Krakal

Krakal Beach

 

- 12.47, Sampai di Pantai Krakal

Parkir bayar Rp5.000. Ini adalah pantai paling ramai pengunjungnya. Kenapa? Karena fasilitas lengkap, garis pantai panjang, di pinggir pantai ada karang-karang yang banyak biota lautnya. Banyak orang yang tinggal mungut biota laut segampang mungut sampah. Pantai ini indah banget, sayang sudah banyak pengunjungnya. Hampir mirip Kuta, bedanya pasirnya lebih putih dan pinggir pantai ada karangnya.

Ngeliat orang jualan makanan rasanya tergoda. Akhirnya gw beli dah makan disini. Harga udang goreng adalah Rp17.500 perseperempat kilo dan rumput laut goreng Rp2.000/plastik.

4. Pantai Sarangan

Sarangan Beach

Nah pantai ini ada disebelah kanan persis Pantai Krakal. masih satu lokasi, gak perlu pindah parkiran. Kalo kita tidak menyadarinya, pasti tidak akan kesini. kalopun menyadarinya, pasti mengira pantai ini perpanjangan Pantai Krakal. Saya iseng nanya ke Pedagang disini, dan ternyata pantai ini bernama Pantai Sarangan.

Pantainya berbentuk teluk kecil melengkung dengan garis pantai yang sangat pendek. Pinggir pantai banyak ditumbuhi rumput laut dan tanaman laut yang bergerigi unik.

- 14.45, Cabut

5. Pantai Sadranan

Sadranan Beach


- 14.56 Sampai ke Pantai Sadranan

Pantai ini tersembunyi. Letaknya di sebelah kiri tidak jauh dari Pantai Krakal. Jalan menuju ke pantai ini hanya cukup satu mobil saja, tak beraspal. Plang namanya pun tidak begitu jelas. Jadi dari pantai Krakal sebaiknya nanya-nanya aja daripada kelewat.

Pantai ini katanya buat syuting Ketika Cinta Bertasbih. Pantai yang pinggirnya air tenang, sehingga paling cocok buat berenang dan snorkeling. Tapi harus hati-hati, di bawahnya banyak karangnya. Kadang-kadang ada ikan-ikan kecil berwarna  biru juga lho.

Setelah puas berenang-renang disini, kamipun mandi. Pulangnya bayar Rp17.000, entah buat mandi kami semua ato termasuk parkir ato apalah. Yang penting kami PUAS!

- 16.06, cabut

6. Pantai Sundak

Sundak Beach

- 16.17 Sampai di pantai Sundak

Pantai Sundak ini juga hampir mirip dengan Krakal, tapi garis Pantainya pendek. Lokasinya ada disebelah kiri Pantai Sadranan. Ramai pengunjung juga. Di pinggir laut banyak sekali biota lautnya seperti bintang ular (namanya doang yg mengerikan, padahal makhluknya lucu unyu-unyu kayak alien).

- 16.29, saatnya pulang…

Nah itulah cerita jalan-jalan Puppy ke Pantai-pantai di Wonosari, Gunung Kidul, Jogja. Di pantai-pantai Wonosari ini, sinyal kadang ada kadang ilang secara gak jelas. FYI, Saya pake Excel, dan Indocrut.

Total biaya bensin PP Solo-Wonosari adalah Rp100.000 masih nyisa. Sedangkan jalur utama (Puppy lewat jalur alternatif) menuju Wonosari ini yang Puppy rangkum dari berbagai sumber:

1.  Malioboro – Gembira Loka – Kidz Funs – Bukit Bintang – Wonosari- Lurus ke Baron/belok kiri ke Pantai2 lainnya.

2. Ringroad jalan layang Janti – Perempatan JEC- Lurus sampe perempatan – belok kiri – ada plang Wonosari - Lurus ke Baron/belok kiri ke Pantai2 lainnya.

Baik menggunakan jalur alternatif maupun jalur utama sama-sama mulus beraspal kok.

Semua pantai di sini rata-rata berombak besar nan indah. Pagi hari laut masih pasang ombaknya besar, sehingga karangnya tertutup. Makin siang/sore makin surut airnya. Untuk melihat keindahan pantai lebih asik pagi hari, tapi kalo ingin bermain2 dengan karang dan biota laut mendingan siang/sore.

Setelah berpanas-panas ria di pantai, pengunjung dapat mengunjungi Air Terjun Sri Gethuk untuk mandi dan menyegarkan badan. Lokasinya masih sama yaitu di Kabupaten Gunung Kidul, namun Air Terjun Sri Gethuk terletak di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, sekitar setengah jam dari pantai-pantai ini.

Mungkin masih ada beberapa pantai yang belum saya kunjugi. Pertanyaannya apakah semua pantai itu bisa dikunjungi dalam satu hari? Jawabannya adalah bisa. Asalkan nyampe pantai, langsung pindah ke pantai lainnya. Jaraknya gak jauh-jauh amat kok. Karena cuman bersebelah-sebelahan. Tapi pertanyaan selanjutnya adalah apakah kita hanya mengunjungi pantai tersebut tanpa menikmatinya? :)

Gambar-gambar/foto-foto Pantai Gunung Kidul, Wonosari, Jogja


  8 Responses to “Pantai-pantai yang Menakjubkan di Wonosari, Gunung Kidul, Jogja”

  1. wah penjelajah pantai,, btw, yg ente sebutin udah ane kunjungi smua gan,, gw saranin ke nampu gan, pantainya jos.

    Download Film Gratis

  2. kereeennnn…. Indonesia emang eksotis…… Bersyukurlah dilahirkan di Indonesia….. :)

  3. gan ane mo nanya nih…klau ane mo ke pantai indrayanti dri semarng jalur alternatifx ada kagak??? mkch bray atas info2 x..mhon bntuanx cle bsok ane mo ke gunung kidul!sukses to pupy traveling

    • @al
      wah sepertinya gak ada jalur alternatif deh. Kalo mau jalur via Jogja ato via Wonogiri. Itu doang sih yg aku … :)

  4. pak kalau lewat wonogiri jalannya bisa dilewati bis besar gak ya..mksh

  5. Disalah satu pantai ini ada penginapan atau bs nenda nga yah??

    • @Noviana
      Nenda kayaknya bisa. Kalo penginapan agak jarang. Mungkin kawasan yg agak ramai seperti Pantai Krakal atau Indrayanti?

 Leave a Reply

(Wajib Diisi)

(Wajib Diisi)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>