Truly Hidden Paradise = Pacitan (Goa Gong, Goa Tabuhan, dan Pantai Teleng Ria)

13

“All things are artificial, for nature is the art of God” – Thomas Browne

Pacitan, Jawa Timur. Banyak sekali yang mengaku-ngaku tempatnya adalah hidden paradise. Saya boleh juga donk mengakui Pacitan adalah hidden paradise. Di sini adalah tanah surga yang gak banyak orang tau. Bule aja, yang suka blusukan nyari tempat2 baru, saya kira masih belum banyak yang tau Pacitan. Padahal rutenya nggak susah. Jalanan mulus. Kota kelahiran presiden Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono lagi. Kurang promo aja kali. Atau Tuhan masih sengaja menyembunyikan surganya? entahlah…

Ini beberapa sudut surga yang sudah saya kunjungi:

1. Goa Gong

Anda tidak akan meragukan cita rasa seni Tuhan setelah melihat Goa Gong ini, amat sangat indah. Dinding-dinding goa memiliki lipatan-lipatan stalaktit yang sangat rapi. Bahkan banyak yang menyebutkan bahwa goa ini adalah goa paling indah se-Asia Tenggara! Menurut saya, goa ini menjadi A place you must visit before you die. Tempat yang wajib Anda kunjungi pula sebelum Tuhan menghapus mahakaryanya.

Anda akan melihat stalaktit stalakmit berbentuk bunga seperti ini

Stalactite
Stakaktit berbentuk bunga

Anda juga bisa melihat marmer raksasa seperti ini:

Marmer alam Goa Gong
Bandingkan ukuran marmer alam raksasa dengan orang disampingnya

Pertemuan stalaktit dan stalakmit:

Stalactite stalagmite
butuh ratusan bahkan ribuan tahun untuk stalaktit dan stalakmit bertemu

Yang berbentuk ubur-ubur:

Stalagmite
Stalakmit berbentuk ubur-ubur

untuk yang di bawah ini entahlah, saking bingung menggambarkan keindahannya..

Gambar stalaktit Goa Gong
Stalaktit yang rapi

Kristal alam yang menakjubkan

Kristal Gua Gong
Lihat sebelah kanan ada kristal keputih-putihan

Berbagai macam sendang dengan masing-masing khasiat, kekuatan, kesehatan, dan lain sebagainya (bagi yang percaya). Tanya guide-nya aja. Mereka lebih tau. Oh ya, tarif guide disini murah. Rata-rata mereka bilang “Bayarnya terserah, yang penting mari saya guide masuk ke dalam”. Biasanya saya bayar Rp10.000 (FYI, saya sudah 3 kali kesini). Tapi saya sarankan memang menggunakan guide. Mereka akan mengantarkan kita dengan membawa senter, memberikan rute yang terstruktur, dan menceritakan riwayat/all about goa gong ini. Juga misi sosial, berbagi rejeki dengan penduduk “surga” ini dong…hyuuukk..

Sendang Goa Gong
Sendang di Goa Gong

Selain itu, di Goa Gong anda juga akan mendapatkan pedagang yang menjual batu-batu permata dengan harga yang sangat murah. Bahkan, bisa ditawar sampai 75% dari harga yang ditawarkan. Pecel ndesonya juga enak dan muraaaah banget. Kalo anda kesini mungkin akan de javu dengan harga-harga barang sebelum krismon.

 

Baca juga:  Sajak Laut Kaliantan

2. Pantai Teleng Ria

Pantai ini berbentuk teluk dengan garis pantai lumayan panjang. Ombaknya sebenernya cocok buat surfing karena rata dan stabil. Tapi entah kenapa tidak ada yang surfing di sini. Kurang populer? (update: ternyata sekarang sudah ada beberapa orang yang surfing di sini)

Pantai Teleng Ria
Pantai Teleng Ria

Banyak yang jual ikan segar disini. Ikan segar yang langsung digoreng juga ada. Dan harganya, muraaaah banget.

3. Goa Tabuhan

Mengapa dinamai Tabuhan?ya karena bisa ditabuh seperti gendang. Kita bisa melihat show penduduk setempat yang menabuh stalaktit dan stalakmit layaknya memainkan gamelan yang diiringi lagu-lagu jawa dengan tarif Rp50.000. Katanya, bahkan malam-malam tertentu suka bunyi sendiri..hiyyy….

Suaranya mirip gamelan, unik memang. Sayang waktu kesini belum sempat ambil foto karena batere kamera habis. Buktikan sendiri donk dengan pergi kesana wkwkwk…

Oh ya, di luar Goa atau Gua Tabuhan ini ada penjual batu-batu permata juga. Bisa ditawar, walopun gak ditawarpun juga sudah murah.

4. Pantai Klayar

Pantai indah ini sekilas nampak seperti pantai-pantai di Mediterania, bercadas dengan warna air laut yang biru muda. Lokasinya sekitar 1 jam dari Goa Gong dengan jalan yang sempit dan berliku. Tapi hati-hati dengan ombaknya, cantik memang tapi sering membawa korban. Wew..

Pantai Klayar
Pantai Klayar

5. Pantai Srau

Masih ada beberapa lokasi di Pacitan yang bagus, misalnya Pantai Srau yang memiliki pasir putih dan ombak khas laut selatan. Pantai ini masih relatif sepi, jadi cocok bagi penggemar kesepian *eh?

Srau
Pantai Srau


Oke friends, satu kalimat dari saya <capslock nyala> SEKALI LAGI GOA GONG ADALAH A PLACE YOU MUST VISIT BEFORE YOU DIE, DAN PACITAN ADALAH TRULLY HIDDEN PARADISE…SUMPAH!!!! <capslock mati> Lebay gak sih? hehehe…

Perjalanan ke Goa Gong, Goa Tabuhan, Pantai Teleng Ria, dan Pantai Klayar  ini menganut faham Lazy Traveling yang “tanpa cerita” seperti seri-seri Lazy traveling yang lain.  Yang penting adalah: TUJUAN.

Baca juga:  Pulau Tanjung Putus, Semuanya Ada di Dekat Dermaga

Oh ya, kalau mau lebih gampang jalan-jalan ke Pacitan, bisa minta tolong guide/pemandu wisata Mbak Ninik (Telp/WA 085647189024) buat anterin kamu kemana-mana. Start dari Solo.

Gambar-Gambar/Foto-foto Goa Gong

SHARE

13 COMMENTS

  1. kalo pengen ke pacitan lagi u can call me,mungkin bisa bantu.u can contact me by e mail or phone 085815878927

  2. indah bngt pacitan…..Allah memang menciptakan tiada duanya,kpn bs kesana semoga saja bs kesana heeeee……………

  3. mohon bantuan,
    saya pernah berkunjung ke gua gong luar biasa indahnya
    dan saya mampir untuk beli batu ditoko persis diseberang jalan di depan mulut gua.

    Apakah ada yang tahu no telon toko tersebut… mohon bantuannya

    terimakasih

LEAVE A REPLY