Pantai Nampu dan Pantai Indah Lainnya di Wonogiri

Pantai Nampu dan Pantai Indah Lainnya di Wonogiri

Pantai Nampu, Wonogiri, Solo, Jawa Tengah, Indonesia

I love to travel, but hate to arrive.” – Albert Einstein

Pulau Jawa termasuk pulau yang mempunyai penduduk terpadat di dunia. Tahukah Anda ternyata ada bagian dari Pulau Jawa ini yang masih sepi dan sangat indah tepatnya berada di Kabupaten Wonogiri?

Wonogiri, yang secara harfiah berarti “Hutan di Gunung” adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah. Bagi yang belum tahu Wonogiri, kabupaten ini terletak sekitar 1 jam dari Kota Solo/Surakarta. Kabupaten ini ternyata menyimpan beberapa tempat wisata yang menarik selain Waduk Gajah Mungkur yang sudah terkenal itu.

Setelah saya tanya teman-teman saya dan keluarga saya, ternyata tidak banyak orang yang tahu bahwa di Wonogiri terdapat pantai sepi yang indah, bahkan termasuk saya sendiri yang udah puluhan tahun hidup di Kota Solo (kota yang dekat dengan Wonogiri). Saya baru tahu ada pantai indah di Wonogiri belakangan ini. Pantai sepi nan indah tersebut adalah Pantai Nampu, Pantai Sadeng, dan Pantai Sembukan.

Pantai Nampu

Sepi, pasir putih, dan mirip Dreamland Beach Bali

Pantai Nampu cocok buat yang ingin menyepi karena turisnya belum begitu banyak. Pantai pasir putih ini mirip banget dengan Pantai Dreamland, Bali. Bedanya adalah Pantai Dreamland sekarang sudah rame bangetttt…

Pantai Nampu, Wonogiri, Solo, Jawa Tengah, Indonesia

Pantai Nampu

Ombak Besar Khas Laut Selatan

Ombaknya memang besar dan genit… suka towel-towel hehehe… Walaupun ombaknya besar khas laut selatan, namun arusnya tidak terlalu kuat. Air lautnya sangat jernih karena memang tidak ada pencemaran atau sedimentasi tanah di sini.

Pantai Nampu, Wonogiri, Solo, Jawa Tengah, Indonesia

Pantai Nampu

Pantai Sadeng

Pantai Sadeng adalah pantai dengan rute yang searah perjalanan dengan Pantai Nampu. Kalau Pantai Nampu mirip Pantai Dreamland, Pantai Sadeng lebih mirip Pantai Padang-padang. Terdapat lokasi pelelangan ikan di sekitar pantai ini. Paling senang ke Pantai Sadeng adalah dengan membeli ikan segar, ada ikan tongkol, ikan pari, ikan tuna, dan sebagainya dengan harga yang sangat murah… Bener2 segar fresh from the ocean deh…

Pantai Sadeng, Wonogiri, Solo, Jawa Tengah, Indonesia

Pantai Sadeng

Sebenarnya ada lagi pantai yang deket dengan Pantai Nampu dan Pantai Sadeng, yaitu Pantai Sembukan. Cuma saya belum sempet mengunjunginya karena kemarin kesorean berangkatnya.

Rute perjalanan:

Karena berangkat dari Solo, maka saya menggunakan aliran sesat traveling buatan saya, Lazy Traveling Theory:

1. Pergi ke kota Solo

2. Telpon persewaan mobil, misalnya kalo saya sih langganan Mbak Ninik 08882933612

3. Tidur dalam mobil ato alternatif lainnya mata melek liat pemandangan Wonogiri yang indah

4. Suruh nganter ke 3 pantai di Wonogiri : Pantai Nampu, Pantai Sembukan, dan Pantai Sadeng

5. Selesai

Dan inilah rute perjalanan yang dilalui:   Solo – Wonogiri (Pracimantoro – Giribelah – Paranggupito – Pantai Nampu/Pantai Sadeng/Pantai Sembukan)

Oke guys, monggo pinarak wonten Kabupaten Wonogiri, selamat datang di Kabupaten Wonogiri… :)

Gambar-gambar/Foto-foto lengkap Pantai Nampu dan Sadeng


9 COMMENTS

  1. Yup, betul banget. Sekarang aksesnya juga lebih mudah. Jalan sudah beraspal walaupun bukan aspal goreng tapi bisa dilalui dengan mudah. Jadinya makin rame…Dulu aku juga pernah kesana pas masih buluk jalannya, takut juga kalo ban bocor.

  2. aslli,..
    gw 2x knampu,..
    pas pertama kesana,..
    WWAOOOOOOWWWWW,..
    masih prawan bgd pantainya,..
    siip bgd,..

    pgen kasana lagi tp cuaca tidak mendukung,..

  3. Lumayan info.ny. Dlu prnh k nampu.tp cuek jalurny..
    Bsk hari mw jd leader ksana.cari2 info ney. Pantainy oke.tp pandanganny jg sempit cz trhalang karang.tp nilai lbhny ya sepi it sendiri.makananny jg ga bgtu mahal spt wisata yg sdh rame

    • terakhir ke situ belum ada penginapan. alternatifnya bisa nginep di rumah penduduk, atau di wonogiri kota, atau di Kota Solo :)

  4. dulu ksana perjalanan mlam hari naek motor with the gank…nginep dbalai desa trus paginya setalah subuh meluncur kepantai….jalan msih kriting abis….tpi terbayar oleh keindahan yg masih perawan…

Leave a Reply