Pantai Nampu dan Pantai Indah Lainnya di Wonogiri

Pantai Nampu dan Pantai Indah Lainnya di Wonogiri

10

“I love to travel, but hate to arrive.” – Albert Einstein

Pantai Nampu, Wonogiri, Jawa Tengah. Pulau Jawa termasuk pulau yang mempunyai penduduk terpadat di dunia. Namun demikian, apakah masih ada yang percaya bahwa ternyata ada bagian dari Pulau Jawa ini yang masih sepi dan sangat indah? Salah satu lokasi yang masih belum banyak orang dan menyimpan keindahan yang luar biasa adalah Wonogiri.

Wonogiri, yang secara harfiah berarti “Hutan di Gunung”, merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah. Bagi yang belum tahu Wonogiri, kabupaten ini terletak sekitar 1 jam dari Kota Solo/Surakarta. Jika ditelusuri, Wonogiri ternyata menyimpan beberapa tempat wisata yang menarik selain Waduk Gajah Mungkur yang sudah terkenal itu. Kita jelajahi dulu yuk pantai-pantai yang indah di Wonogiri.

1. Pantai Nampu

Sepi, pasir putih, dan mirip Dreamland Beach Bali

Pantai Nampu cocok buat yang ingin menyepi karena turisnya belum begitu banyak. Pantai pasir putih ini mirip banget dengan Pantai Dreamland, Bali. Bedanya adalah Pantai Dreamland sekarang sudah rame bangetttt…

Pantai Nampu, Wonogiri, Solo, Jawa Tengah, Indonesia

Pantai Nampu (Follow juga Twitter @puppytraveler, instagram @puppytraveler, atau like Facebook page Puppy Traveler ya)

Ombak Besar Khas Laut Selatan

Ombaknya memang besar dan genit… suka towel-towel hehehe… Walaupun ombaknya besar khas laut selatan, namun arusnya tidak terlalu kuat. Air lautnya sangat jernih karena memang tidak ada pencemaran atau sedimentasi tanah di sini.

Pantai Nampu, Wonogiri, Solo, Jawa Tengah, Indonesia

Pantai Nampu (Follow juga Twitter @puppytraveler, instagram @puppytraveler, atau like Facebook page Puppy Traveler ya)

2. Pantai Sadeng

Pantai Sadeng adalah pantai dengan rute yang searah perjalanan dengan Pantai Nampu. Kalau Pantai Nampu mirip Pantai Dreamland, Pantai Sadeng lebih mirip Pantai Padang-padang. Terdapat lokasi pelelangan ikan di sekitar pantai ini. Paling senang ke Pantai Sadeng adalah dengan membeli ikan segar, ada ikan tongkol, ikan pari, ikan tuna, dan sebagainya dengan harga yang sangat murah… Bener2 segar fresh from the ocean deh…

Pantai Sadeng, Wonogiri, Solo, Jawa Tengah, Indonesia

Pantai Sadeng (Follow juga Twitter @puppytraveler, instagram @puppytraveler, atau like Facebook page Puppy Traveler ya)

3. Pantai Sembukan

Pantai Sembukan adalah pantai berombak besar yang cocok untuk wisata keluarga. Loh, ombak besar kok cocok untuk wisata keluarga? Yup, walaupun ombaknya besar, air di pinggir pantai justru amat sangat tenang setenang kolam renang. Unik kan? Hal ini karena terdapat karang pemisah yang lumayan besar, sehingga ombak besar di laut akan terpecah sebelum menuju ke bibir pantai. Karena cocok untuk wisata keluarga, khususnya anak-anak itulah membuat pantai ini lumayan ramai. Apalagi akses jalannya sudah lumayan bagus.

Pantai Sembukan, Wonogiri

Pantai Sembukan (Follow juga Twitter @puppytraveler, instagram @puppytraveler, atau like Facebook page Puppy Traveler ya)

4. Pantai Klothok

Pantai Klothok lokasinya tak jauh dari Pantai Sembukan. Dengan garis pantai dan lebar bibir pantai sangat pendek, pantai ini seperti kalah pamor dengan 3 pantai di atas. Di pinggir pantai terdapat dinding tebing yang kece lho. Oh ya, pantai ini lumayan cocok untuk memancing karena air lautnya yang sangat dekat dengan bibir pantai.

Pantai Klothok Wonogiri

Pantai Klothok (Follow juga Twitter @puppytraveler, instagram @puppytraveler, atau like Facebook page Puppy Traveler ya)

5. Pantai Lainnya

Beberapa pantai lain di sekitar Wonogiri antara lain: Pantai Nglojok, Pantai Banyutowo, Pantai Kalimirah, Pantai Pringjono

Rute perjalanan:

Karena berangkat dari Solo, saya selalu menggunakan aliran sesat traveling buatan saya, Lazy Traveling Paradigm hehehe:

1. Pergi ke kota Solo

2. Minta tolong guide/pemandu wisata Mbak Ninik (Telp/WA 087899861049) buat anterin kamu ke Solo, Wonogiri, dan sekitarnya.

3. Tidur dalam mobil atau alternatif lainnya mata melek liat pemandangan Wonogiri yang indah

4. Suruh nganter ke 3 pantai di Wonogiri : Pantai Nampu, Pantai Sembukan, dan Pantai Sadeng

5. Selesai

Dan inilah rute perjalanan yang dilalui:

Solo – Wonogiri (Pracimantoro – Giribelah – Paranggupito – Pantai Nampu/Pantai Sadeng/Pantai Sembukan)

Tips: Berangkatlah pagi-pagi banget biar bisa dapat banyak pantai

Oke guys, sugeng rawuh wonten Kabupaten Wonogiri, selamat datang di Kabupaten Wonogiri… :)

Gambar-gambar/Foto-foto lengkap Pantai Nampu dan Sadeng

10 COMMENTS

  1. Yup, betul banget. Sekarang aksesnya juga lebih mudah. Jalan sudah beraspal walaupun bukan aspal goreng tapi bisa dilalui dengan mudah. Jadinya makin rame…Dulu aku juga pernah kesana pas masih buluk jalannya, takut juga kalo ban bocor.

  2. aslli,..
    gw 2x knampu,..
    pas pertama kesana,..
    WWAOOOOOOWWWWW,..
    masih prawan bgd pantainya,..
    siip bgd,..

    pgen kasana lagi tp cuaca tidak mendukung,..

  3. Lumayan info.ny. Dlu prnh k nampu.tp cuek jalurny..
    Bsk hari mw jd leader ksana.cari2 info ney. Pantainy oke.tp pandanganny jg sempit cz trhalang karang.tp nilai lbhny ya sepi it sendiri.makananny jg ga bgtu mahal spt wisata yg sdh rame

    • terakhir ke situ belum ada penginapan. alternatifnya bisa nginep di rumah penduduk, atau di wonogiri kota, atau di Kota Solo :)

  4. dulu ksana perjalanan mlam hari naek motor with the gank…nginep dbalai desa trus paginya setalah subuh meluncur kepantai….jalan msih kriting abis….tpi terbayar oleh keindahan yg masih perawan…

  5. Sekedar info aja buat para traveller yang mau ke Pantai Sembukan.
    Pantai Sembukan akses lumayan jauh, karna adanya di ujung wonogiri bgt, minim angkutan / sewa mobil dan penginapan. Alternatif satu2nya memang nginep dirumah penduduk disana, tp gak usah khawatir, penduduk sana ramah2 kok. Dan memang pantainya memang indah bgt kok :)

Leave a Reply