Jalan-jalan Ke Phuket dan Phi Phi

25
Phi Phi Phuket

 “The world is a book, and those who do not travel read only a page.” – Saint Augustine

Phuket, Thailand. Ini adalah perjalanan dari Jakarta ke Phuket sewaktu belum ada penerbangan langsung Jakarta-Phuket. Kita menggunakan penerbangan melalui Kuala Lumpur terlebih dahulu sebagai kota transit.

Jakarta – Phuket

Kita memesan tiket pesawat jauh-jauh hari sebelum keberangkatan dan pesan tiketnya pun malam hari agar mendapat harga yang murah. Sebenarnya ada penerbangan langsung (direct flight) Jakarta-Phuket dengan harga Rp 800-900rb. Karena ingin menapakkan kaki ke Malaysia terlebih dahulu, kami mengambil rute Jakarta-Kuala Lumpur-Phuket.

Tiket Jakarta – Kuala Lumpur PP seharga Rp 804.800,- (kita ambil insurance, bagasi, dan semua fasilitas deh makanya harganya jadi melambung jauh terbang tinggi bersama mimpi) pun kita beli demi mimpi pergi ke Thailand. Kemudian, kita juga memesan tiket Kuala Lumpur-Phuket dengan harga 200 Ringgit (kira2 Rp 560.000, 1MYR =2.800). Sehingga total budget buat tiket perjalanan Jakarta-Kuala Lumpur-Phuket adalah Rp 1.364.800.

Jalan-jalan di Kuala Lumpur

Di Kuala Lumpur, kita hanya sempat jalan-jalan ke Putrajaya saja. Waktu kita sangat terbatas sehingga tak banyak tempat yang kami jelajahi. Tujuan kami akhirnya ke Mall Alamanda Putrajaya. Memang agak membosankan karena mall-mall di Jakarta jauh lebih menarik.

Jalan-jalan di Phuket

– Transport dari bandara ke hostel

Sesampainya di bandara Phuket, kita langsung keluar belok ke arah kanan mencari taksi dengan operator Taxi Meter dengan warna kuning. Tarif taksinya fix 500 Baht (Rp 150.000, 1 Baht = Rp 300). Menurut orang-orang, ini adalah taksi yang paling murah. Pokoknya, kalau ada yang nawarin paket wisata Phi Phi, Hotel, dan Taxi mending dicuekin saja, ujung-ujungnya MAHAL!!!  Tujuan kita selanjutnya adalah kawasan ramai di daerah Pantai Patong. Dari Bandara ke Patong membutuhkan waktu sekitar 45 menit.

Katanya, kita harus hati-hati dengan taksi abal-abal. Terkadang kita dibelokin sopir taksinya ke hotel yang tidak jelas. Kita harus pastikan kalau kita sudah memesan hotel dan bilang ke sopirnya kalau tujuan kita adalah hotel tersebut. Tapi kita tidak mengalami hal tersebut kok. Kita langsung diantar persis di depan hotel yang telah kita pesan sebelumnya. Selanjutnya, sewaktu balik dari hotel ke bandara Phuket terserah kita, apakah mau menggunakan taksi lagi atau naik minibus Rp 35.000/orang. Karena sepertinya susah mencari minibus atau taksi ini, kami meminta tolong pihak hotel memesankannya untuk kami.

– Penginapan/Hostel di Phuket

Kita menginap di Sea Blue Hostel (http://seabluephuket.com) Rp 90.000/malam/orang. Hostel ini bentuk bangunannya mirip ruko. Namun begitu, tempatnya cocok buat ramai-ramai bersama geng kita. Fasilitas hostel ini lumayan lengkap, ada TV, AC, air mandi panas, balkon, dan resepsionisnya pun mampu berbahasa Inggris. Letak penginapan ini sangat strategis, dekat dengan Patong Beach/Bang La Road pusat keramaian Phuket. Kita cukup berjalan kaki sebentar dari penginapan ke Pantai Patong/Bang La Road. 

– Makan di Phuket

Di daerah Patong/Bangla Road banyak sekali minimart, apotik, warung kaki lima, cafe, tempat pijat, tempat dugem , Tempat menonton gogo dancer, bencong pun juga banyak hehehe. Harga barang-barang di minimart disini hampir sama dengan di Indonesia. Sewaktu makan di cafe pinggir jalan Bang La, kami berempat cuma habis Rp 67.500 (225baht). Lumayan murah ya? Barang yang dijual di minimarket ada yg berlabel halal dan ada yg tidak ada label halalnya. Bahkan, beberapa barang mempunyai label made in Indonesia dgn label halal dari MUI.  Selain itu, kami juga sempat makan ayam bakar dengan harga 40THB, ikan bakar dengan harga 20THB; sayur bambu aneh/rebung rebus dengan harga 20THB; dan bakso 3 porsi dengan harga 105THB

Halaman berikutnya, apa saja yang bisa dikunjungi di Phuket

Baca juga:  Nusakambangan Ughlala

25 COMMENTS

  1. Maap kak mo nanya,kak aku mo booking di sea blue phuket,yang aku mo tau tuh klo kita dah bayar dp nya kita dpt apa yah buat buktinya klo kita dah bayar.makasih ya

  2. @Andrew
    kemarin memang gak ada bukti apa2, trus kami confirm via email deh..dan mereka membalas kalo pembayaran kita sudah masuk, jadi tinggal datang aja ke hotelnya pada hari H…coba deh Andrew kirim via email mereka…(walaupun mereka bilang sudah OKE, tapi jaga2 kami print screen bukti transaksi kami)
    cheers

  3. thx yah,ak dah print jga,mo nanya lagi dong.klo bli tiket buat ke phi phi island n the gang itu bisa dipesen lewat hostel gak atau pas di airport belinya,harganya murahan mana?,n perahunya yang waktu kakak naek tu speeboat ato apa?.soalnya aku bca bca klo naek speedboat lbih cpet dan kita bisa lbih lma di phi phi island nya dbanding yang kpal biasa.thx bngt ya ka.sorry bnyak nanya

  4. @Andrew
    sori baru balas ya…untuk paket ke phiphi dan hotel jangan pesan di bandara…MAHAL!!!!
    mending pesen dihotel ato deket2 hotel..kalo dulu gw pesen di Sea blue nya..
    ambil yang speedboat aja..lebih mahal tapi lebih puas…

  5. @sethlestath
    yup..dalam bayangan kami pas ke Phuket adalah, pada malamnya kami mau hiburan malam ke klub malam disana..
    pas nyampe Bang La Road kami malah bingung maau masuk yang mana karena saking banyaknya..
    ya udah kami jalan aja sepanjang Bang La Road malah jadi kayak tempat dugem terbuka..
    pas mau mutusin yang mana dah capek duluan, gak jadi deh masuk..
    tapi dah puas aja jalan2 di Bang La kalo malam

  6. Thanks infonya, sangat membantu .
    Kebetulan gw sama temen gw (total ber3) mau ke puket awal october besok. Mau tanya, kalo misal kita ke bandara dari hostel lebih baik pesan bus berapa jam sebelum flight? kalo taxi kita bisa pesen di hostel gak?

    thanks

    • dear odin,
      sama2 terima kasih… 🙂
      kalo saya kemarin pesen jemputan hotel-bandara dari hotel tempat saya menginap (sea blue phuket) sehari sebelumnya..kalo taxi hotel-bandara kebetulan saya tidak tanya2 dan tidak berusaha nyari karena asumsi saya (FYI pulangnya kami tinggal berdua) lebih murah naik minibus jemputan.
      biaya minibus jemputan = Rp 35.000/orang
      biaya taximeter = Rp 150.000/taxi

      jadi saya kemarin tidak pusing2 mempertimbangkan nyari taxinya karena harganya yang lebih mahal

  7. Hi,

    bagus banget deh blog nya.. kebetulan gw sama temen2 pny rencana ke phuket (feb 2011 nanti) dan ini blog membantu banget, numpang nyontek yah.. hehehehehe

    eiya, penginapan nya bersih kan yah ?? AC ?? Kamar mandi dalem ?? agak shock ngeliat harga nya.. jauh lebih murah dari Bali gini.. @-)

    trus itu pantai2 yg Patong, Kata, dkk.. jarak nya deketan yah ? ke sana naik apa ? atau jalan kaki ajah ? thanks yah buat info nya 😀

    • Hi Christina,
      terima kasih sebelumnya ya..
      penginapan bersih kok, ada AC nya, kamar mandi dalam, air mandi panas&dingin, TV, meja, handuk, dan selimut
      harga hampir sama kayak di Poppies Bali, tapi menurut saya lebih bagusan di Poppies karena dapat sarapan (dan kolam renang biasanya) tapi disini tidak dapat sarapan..
      Pantai patong ke karon deketan, tapi kalo jalan kaki jauh juga bisa bikin gempor..apalagi ke Kata…saran saya kalo dari Patong ke Karon/Kata/kata Moi (samping kiri Patong) lebih baik naik motor ato sewa tuk2..kalo ke Kemala (samping kanan Patong) agak jauh dan jalannya naik turun bukit dan rada membahayakan
      regards 🙂

  8. mau tanya dong, kalo dari hotel ke pantai berapa menit, dan dari bandara ke hotel berapa menit? thx a lot

  9. mau numpang tanya,
    berarti gak nginep di phi phi don ?
    bulan mei nanti rencananya mau ke phi phi cuma ber-2.
    nyampe phuketnya j 9.00 pagi. rencananya besoknya mau langsung ke bangkok. kalo nyampe mau langsung ke phi phi, kesiangan ya ?
    hotel di phuket sama di phi phi mahal mana ?
    kalo langsung ke hotel gak pake booking dulu, lebih mahal ?
    kalo dari phuket mau jalan2 ke phi phi nggak pake paket tour. sulit apa tidak ? terutama untuk yg baru pertama kali ke sana.
    sorry nanya banyak banget.
    thanks jawabannya

    • @nunang
      iya.. kami menginap di phuket karena kami ingin jalan2 di Bangla malamnya..
      jam 9.00 kalo ikut tur sehari sih udah kesiangan tapi bisa ditanyakan ke tournya dulu…
      wah saya kurang ada info untuk hotel di phi-phi don… maaf ya 🙂 coba buka disini deh http://phi-phi.com
      lagian fasilitas lebih lengkap di phuketnya..
      dateng dulu ato booking dulu harganya sama kok… palingan kalo booking dulu kita gak kehabisan kamar aja… soalnya sering hostel2 full book kalo peak season
      wah.. kalo ke phi-phi tanpa ikut tour saya kurang tau.. sekali lagi maaf 🙂
      iya nanya2 gapapa kok.. kalo bisa saya bantu jawab.. makasih dah berkunjung 🙂

      • thanks infonya.
        ma’af nanya lagi ya. jangan bosen njawab. di maya beach dan phi phi don mampirnya berapa lama ? viking cave dan monkey beachnya cuma lewat aja ya ? nggak pake mampir. kalo di khai nak island mampir atau cuma lewat aja ?
        kemaren ikut tour, 1 boat diisi berapa orang ?
        thanks infonya.

  10. Terima kasih sebelumnya atas infonya yang bermanfaat sekali. Saya rencana akan ke Phuket Tgl 8 Juli bsok, saya sudah booking di Sea Blue Hostel. Sy ingin tanya, klo dari Patong ke Krabi itu jauh ga ya, trus transportasinya pakai apa? untuk pantai bagusan mana antara krabi, patong, karon, atau kata? thnks before

    • Patong ama Krabi itu jauh… Patong kan di Phuket tuh… udah beda propinsi ama Krabi.. Patong itu bagus tapi rame banget… Karon dan kata lebih sepi… Kalo jadi nginep di Sea Blue kan deket patong, nah kalo mau ke Kata atau Karon tinggal sewa motor aja… Kalo Krabi aku belum pernah… Yang jelas kalo mau bagus ya di Phi-phi Island-nya

      • Trims ya infonya. Saya tertarik juga untuk ikut one day trip Phang Nga bay, enaknya berangkat dari mana ya..dan kisaran harganya brp ?

        • Phang Nga Bay juga bisa ikut tour dari Patong. Coba tanya ke hostel Sea Blue Phuket, dia bisa menyediakan one day tour. Cuman harga dari hostel biasanya adalah harga pasaran. Biasanya para backpacker mencari one day tour sendiri di sepanjang jalan kemudian menawar dengan harga lebih rendah dari harga yang tertera. Tapi kalo mau lebih praktis ya minta tolong hostelnya aja untuk memesan. Kalo tarifnya saya kurang tau karena saya memang tidak ke Phang Nga Bay 🙂

LEAVE A REPLY